Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:34 WIB

Biaya LRT Jabodebek Bengkak Rp4,3 T, Ini Kata KAI

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Rabu, 22 November 2017 | 13:02 WIB
Biaya LRT Jabodebek Bengkak Rp4,3 T, Ini Kata KAI
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Nilai investasi proyek LRT (Light Rail Transit) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) mengalami lonjakan investasi anggaran yang awalnya Rp26,7 triliun menjadi Rp31 triliun.

Menanggapi hal ini Direktur Keuangan PT Kerata Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo selaku pemilik proyek mengakui adanya pembengkakkan nilai investasi yang dikarena nilai kebutuhan investasi LRT Jabodebek masih dalam tahap pematangan.

"Mengenai kondisi saat ini kita masih mematangkan besaran nilai capex LRT ini," kata Diedik di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Diedik mencontohkan saat ini tahap pematangan proyek ini masih terus dilakukan, seperti adanya penambahan stasiun dibeberapa titik yang awalnya tidak ada dalam perencanaan awal.

Lalu ada perubahan penggunaan sistem persinyalan dari sebelumnya fixed block menjadi moving block.

"Karena ternyata dalam perkembangannya. Ini masih dalam pembahasan para pemangku kepentingan," katanya.

Mengenai pendanaan, Diedik menambahkan bahwa KAI ditugaskan sebagai investor yang menyiapkan dana sekitar Rp7,6 triliun sebagai ekuitas yang dipersiapkan mencari pendanaan. Angka itu setara 25% dari porsi kebutuhan dana, jika dikalikan maka kebutuhan dananya mencapai Rp30,4 triliun.

Untuk memenuhi kebutuhan Rp7,6 triliun itu lanjut Diedik, tahun ini KAI berharap bisa memperoleh Rp4 triliun. Dana itu berasal dari realokasi pembangunan rel kereta Trans Sumatera sebesar Rp2 triliun. Selain itu Rp2 triliun dari PMN APBN Perubahan 2017, lalu sisanya Rp3,6 triliun diharapkan berasal dari APBN 2018.

Jika kebutuhan dana Rp7,6 triliun itu terpenuhi maka pihaknya akan melakukan pinjaman sindikasi dari beberapa perbankan, guna menutupi seluruh kebutuhan investasi LRT Jabodebek. [jin]

Tags

Komentar

 
x