Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 20:33 WIB

Menkeu Ingatkan Bank harus Ikuti Tren Digital

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 22 November 2017 | 13:35 WIB
Menkeu Ingatkan Bank harus Ikuti Tren Digital
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Adanya perkembangan dunia digital perlu diikuti oleh sektor perbankan. Salah satunya dalam hal 'consumer banking'.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menuturkan ke depan konsumer perbankan adalah anak Indonesia yang muda yang sehat dan terdidik (educated). "Kalau tidak sehat dan educated, anda bisa bicara consumer banking tapi you only talk the view," jelas Sri Mulyani di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Dia menuturkan, inklusi keuangan pada tahun 2014 hanya mencapai 36% sedangkan Asia Pasifik mencapai 69%. Sementara itu, pada tahun yang sama, akses kartu debit untuk orang yang berusia diatas 12 tahun hanya 25%, sedangkan untuk Asia Pasifik jumlahnya 42%.

Untuk Indonesia, lanjut Ani, yang menggunakan akun bank untuk menerima upah baru 6,6%, sedangkan di Asia Pasifik sudah 15%.

Dalam negara-negara G20, Indonesia diproyeksi akan masuk 5 besar. Saat ini masih dalam posisi 10 besar. "Jadi ini fenomena supaya jangan terjadi gap sehingga menimbulkan perbedaan realitas untuk masyarakat," tuturnya.

Sri Mulyani mengharapkan, perbankan harus mampu menjadi institusi yang ikut mentransformasikan fenomena demografi mayoritas anak usia muda dengan cukup baik. "Dari sisi pertumbuhan, penggunaan teknologi di perbankan, Indonesia cukup maju. Perbankan Indonesia mengatakan di atas 71%, teknologi is the main and most important factor pertumbuhannya dia ke depan," ujarnya. [hid]

Komentar

 
Embed Widget

x