Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 20:33 WIB

Maksimalkan M-Banking

BCA Hanya Sisakan 3% Transaksi di Kantor Cabang

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 22 November 2017 | 17:43 WIB
BCA Hanya Sisakan 3% Transaksi di Kantor Cabang
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pesatnya perkembangan teknologi membuat model bisnis berubah, tidak terkecuali perubahan 'consumer banking'.

Bank Central Asia (BCA) mencatat transaksi di kantor cabang jumlahnya tersisa tinggal 3%. Hal ini tak sejalan dengan jumlah nasabah BCA yang terus bertambah menjadi 18 juta hingga 20 juta nasabah tahun ini.

"10 tahun lalu hanya 5-6 juta nasabah rata-rata sebanyak 95% dari mereka melakukan transaksi di kantor cabang. Sekarang dengan jumlah 18-20 juta nasabah proses transaksi di kantor cabang cabang hanya 3% saja," terang Suwignyo Budiman Direktur Bank Central Asia (BCA), di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Begitu pula dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Pada tahun 2000-an, transaksi yang dilakukan lewat ATM jumlahnya luar biasa. Tetapi saat ini, hanya 33% dari total transaksi.

"Transaksi lewat ATM hanya 33%, sementara lewat mobile banking (m-banking) dan internet banking lebih cepat dan setiap tahun pertumbuhannya makin pesat," terangnya.

Perubahan perilaku konsumer ini, kata Suwignyo, harus dicermati masak-masak oleh pihak perbankan. Kalau tidak, maka lambat laun bisa mematikan bisnis itu sendiri.

"Kalau tidak berubah kita akan mati, ini yang namanya distruption, banyak perusahaan besar yang tambah besar dengan memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya," terangnya.

Komentar

 
Embed Widget

x