Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:32 WIB

Ini Manuver Pemerintah Akuisisi 51% Saham Freeport

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 24 November 2017 | 17:06 WIB
Ini Manuver Pemerintah Akuisisi 51% Saham Freeport
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah siap menambah kepemilikan saham PT Freeport Indonesia (Freeport) yang saat ini hanya 9,36%. Untuk itu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) segera mengholdingisasi empat BUMN pertambangan.

Prosesnya, PT Inalum akan membawahi tiga BUMN tambang lainnya, yakni PT Antam (Persero) Tbk, PT Bukit Asam (Tbk) dan PT Timah (Tbk). "Seumpamanya pendanaannya cukup dari equity holding, maka itu sudah selesai. Kalau ga cukup maka kemudian ada pinjaman bank," jelas Fajar Harry Sampurno, Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Jakarta, Jum'at (24/11/2017).

Apalagi pemerintah masih memiliki jatah divestasi saham Freeport menjadi 51%. Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 tentang izin usaha pertambangan minerba.

"51 persennya sudah pasti, bentuknya seperti apa, yang kita selamatkan 9,36 persennya kita inbreng-kan, alihkan, serahkan ke holding tambang dulu," ujarnya.

Dalam hal ini, Harry mengaku pihaknya ingin sekaligus mengambilalih saham milik PT Freeport sebesar 51%. Namun, apabila di kemudian hari pemerintah hanya mampu mengambilalih sebesar 40% terlebih dulu lalu sisanya belakangan, teknisnya akan segera dibahas kemudian. "Itu teknisnya nanti," ungkapnya. [hid]

Komentar

 
x