Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:44 WIB

Waktunya Pertamina Wujudkan Kedaulatan Energi

Oleh : - | Selasa, 28 November 2017 | 03:29 WIB
Waktunya Pertamina Wujudkan Kedaulatan Energi
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jayapura - Pengamat energi, Ugan Gandar menegaskan, PT Pertamina (Persero) perlu didukung untuk mewujudkan kedaulatan energi di Indonesia.

Ugan yang berada di Jayapura, Papua, Senin (27/11/2017), menjelaskan, Pertamina sebagai perusahaan BUMN yang mendapat penugasan dari pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan energi tidak bisa berjalan sendiri dan perlu untuk didukung, diawasi, hingga dikritisi.

Mantan Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPB) itu, menilai, Pertamina di Papua memiliki tugas berat untuk menjalankan program "BBM Satu Harga".

Menurut dia, sudah sepantasnya masyarakat di kawasan timur Indonesia, termasuk Papua, bisa merasakan harga yang sama seperti yang berlaku di wilayah tengah dan barat Indonesia.

"Dalam menjalankan misi BBM satu harga ini, kita harus mengakui bahwa Pertamina juga mengalami kerugian dalam melakukan pendistribusian BBM ke daerah. Akan tetapi hal itu menurut saya sudah menjadi salah satu resikonya sebagai perusahaan negara," ujarnya.

Ugan juga berharap Direksi Pertamina harus punya komitmen untuk menjaga stabilitas harga dan distribusi BBM yang harus dilakukan cukup jauh dan menggunakan moda transportasi laut.

Dia pun menyinggung mengenai potensi sumber daya alam yang melimpah di Papua, namun hasilnya belum bisa dinimkati oleh masyarakatnya.

Menurut dia, Papua dan Papua Barat sangat kaya dengan potensi gas, sementara hingga kini harga elpiji di ilayah tersebut jauh lebih mahal dibanding daerah lain.

Ugan meminta, agar tidak hanya Pertamina yang berusaha, namun pemerintah daerah juga harus ikut mendesak pemerintah pusat untuk bisa memaksimalkan kekayaan alam tersebut untuk kepentingan masyarakat di Tanah Papua. [tar]

Komentar

 
x