Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 27 April 2018 | 15:03 WIB
 

Melintas di Tol Soroja, Gubernur Aher Sumringah

Oleh : - | Rabu, 29 November 2017 | 00:39 WIB
Melintas di Tol Soroja, Gubernur Aher Sumringah
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mencoba Tol Soreang-Pasirkoja, Senin malam (27/11/2017). Hasilnya, Aher, sapaan akrabnya, merasa sangat puas.

Ternyata yang membuat Gubernur Aher puas adalah singkatnya waktu tempuh. Untuk rute Pasirkoja menuju Stadion Si Jalak Harupat, hanya 10 menit.

Meski perjalanan itu dilakukan malam hari, Aher yakin, perjalanan siang pun berkisar antara 10 menit hingga 15 menit. "Biasanya waktu tempuh melalui jalan Kopo itu bisa berjam-jam. Sekarang, dengan bakal beroperasinya Tol Soroja, kalau mau nonton Persib di Si Jalak Harupat cukup 10-15 menit saja," ujar Aher dalam rilis kepada media di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Kata Aher, beroperasinya jalan Tol Soroja ini, semakin mengukuhkan komplek olah raga Si Jalak Harupat untuk menjadi kawasan olah raga terpadu.

Saat ini, kata dia, sudah ada beberapa cabang olah raga yang akan menggunakan Stadion Si Jalak Harupat sebagai tempat latihannya seperti polo air, panahan, dan sepak bola.

Aher bersama istri, Netty Prasetyani mencoba jalan Tol Soroja ke Stadion Si Jalak Harupat untuk membuka Porpemda 2017 yang berlokasi di Stadion Si Jalak Harupat.

Kata dia, penghematan waktu yang sangat banyak ini akan membuat masyarakat lebih produktif karena tidak harus menghabiskan waktu yang lama dalam perjalanan Soreang ke Bandung.

"Dengan adanya tol Soroja ini, pergerakan orang dan barang akan semakin cepat. Saya yakin, perekonomian masyarakat pun akan meningkat karena waktu lebih hemat, ongkos lebih irit, dan pendapatan pun bertambah," ujar Aher.

Diakuinya, memang penyelesaian proyek Tol Soroja ini mengalami keterlambatan karena faktor cuaca. Dalam proposal awal direncanakan pengerjaannya satu tahun tapi malah menjadi hamper dua tahun.

Selain itu, pembebasan lahan pun menjadi kendala dalam pelaksanaan penyelesaian proyek. "Alhamdulillah sekarang sudah selesai dan akan bisa segera dinikmati masyarakat kawasan Bandung raya dan Jawa Barat. Insya Allah lancar jaya," kata Aher.

Sementara, Netty Prasetyani berharap, masyarakat dapat memanfaatkan dan menjaga Tol Soroja ini untuk diwariskan pada anak cucu. "Anak-anak yang berasal dari Kabupaten Bandung yang sekolah di Bandung bisa dengan cepat tiba ke sekolahnya. Mereka akan punya waktu lebih untuk kumpul dengan keluarganya," tutur Netty yang juga Ketua P2TP2A ini. [ipe]

Komentar

 
x