Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:51 WIB

Banjir di Solo, PLN Matikan 48.006 Aliran Listrik

Oleh : - | Kamis, 30 November 2017 | 00:29 WIB
Banjir di Solo, PLN Matikan 48.006 Aliran Listrik
(Foto: Inilahcom/Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Solo - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero/PLN) terpaksa mematikan 48.006 aliran listrik rumah yang terdampak banjir dan tanah longsor, akibat tingginya curah hujan di area Surakarta, Jawa Tengah.

"Terkait bencana ini Kabupaten Wonogiri paling terdampak karena mulai dari arah Pracimantoro di sana ada longsor dan banjir yang cukup tinggi di beberapa titik," kata Manager Area PLN Surakarta Mundhakir di Solo, Rabu (29/11/2017).

Ia mengatakan, PLN langsung terjun ke lapangan untuk menyelesaikan gangguan aliran listrik, akibat bencana tersebut. Dari total aliran listrik yang dimatikan, 36.571 di antaranya, saat ini sudah menyala. "Dengan demikian saat ini tinggal 11.435 aliran listrik yang masih padam," kata Mundhakir.

Secara umum, lanjut Mundhakir, dalam menghadapi kondisi curah hujan yang tinggi, PLN terus melakukan inspeksi jaringan dan kesiapan 24 jam. "Salah satu langkah yang kami lakukan adalah patroli setiap hari dan inspeksi yang dilakukan selama 24 jam. Kalau ditemukan ada gangguan di lapangan langsung eksekusi," kata Mundhakir.

Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan keandalan jaringan listrik, tujuan lain juga untuk menjaga jaringan jarak aman listrik dengan sesuatu yang berpotensi mengganggu jaringan tersebut. "Saat musim hujan salah satu kejadian yang berdampak pada gangguan jaringan adalah pohon tumbang. Terkait hal ini butuh kerja sama dengan masyarakat agar melaporkan ketika ada pohon yang dekat dengan jaringan listrik," kata Mundhakir.

Selain itu, dikatakannya, ketika terjadi bencana salah satunya banjir diharapkan masyarakat untuk mematikan seluruh aliran listrik ketika akan meninggalkan rumah. "Atau bisa juga langsung melapor kepada kami agar kami dapat mematikan secara sistem," kata Mundhakir. [tar]

Komentar

 
x