Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:50 WIB

Menteri LHK Lantik Kepala Badan Litbang & Inovasi

Oleh : - | Kamis, 30 November 2017 | 13:21 WIB
Menteri LHK Lantik Kepala Badan Litbang & Inovasi
(Foto: klhk)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya kembali melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, yaitu Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, dan Inovasi (BLI) Agus Justianto, di Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Siti Nurbaya menyampaikan pentingnya peran BLI dalam penyelesaian persoalan bidang lingkungan hidup dan kehutanan di masa lalu, serta menghadapi daya saing dan tantangan pelayanan publik. "Saya melihat pentingnya BLI untuk terus menerus mempersiapkan hasil-hasil penelitiannya, sebagai analisis kebijakan yang dapat digunakan, selain tentunya tipe-tipe pengembangan teknologi juga sangat dibutuhkan," tuturnya.

Di samping pengelolaan secara teknis organisasi, Siti Nurbaya berharap agar Kepala BLI dapat mengelola sumber daya penelitinya, untuk seiring sejalan dengan struktur unit kerja Eselon I lainnya, sehingga penelitian yang dihasilkan dapat memperkaya konsep-konsep kebijakan yang sedang disusun.

"Harus dijaga harmonisasi tujuan dari pekerjaan-pekerjaan tertentu yang harus diselesaikan. Kebijakan tidak cukup dari sisi legal tetapi juga praktek, tradisi, dan kemauan politik seperti apa, serta secara ilmiah dukungannya seperti apa. Misalnya dalam suatu wacana kebijakan, pemerintah merupakan simpul negosiasi, sehingga perlu memiliki catatan-catatan sebagai bahan pertimbangan suatu kebijakan", lanjutnya.

Siti Nurbaya juga berpesan, agar para peneliti muda sebagai generasi milenial dapat menangkap aspirasi generasi milenial saat ini, sehingga hasil kerja KLHK dapat dipahami dengan sebaik-baiknya oleh publik, dengan satu tujuan yaitu keberlanjutan, kesinambungan, dan pentingnya kesadaran bahwa sesungguhnya masyarakat saat ini sedang meminjam sumber daya alam dari generasi yang akan datang.

"Jadi cara-cara, pola-pola, penyampaian media komunikasi juga sangat penting, tolong dipikirkan bagaimana metoda-metoda yang baik, agar komunikasi dapat langsung cepat sampai ke publik. Pemerintah sedang membutuhkan kepercayaan publik dan masyarakat, bahwa kita dapat mengelola atau mengajak untuk menata lingkungan ini dengan sebaik-baiknya", tukas Siti Nurbaya menutup sambutannya. [*]

Komentar

 
x