Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:26 WIB

Teka-teki Dirjen Pajak Baru, Ani Menunggu Jokowi

Oleh : - | Kamis, 30 November 2017 | 15:15 WIB
Teka-teki Dirjen Pajak Baru, Ani Menunggu Jokowi
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ditanya siapa pengganti Ken Dwijugiasteadi yang sebentar lagi pensiun dari posisi Direktur Jenderal Pajak, Menteri Keuangan Sri Mulyani bilang begini.

"Nanti kalau Presiden sudah mengeluarkan surat, maka akan saya sampaikan. Tetapi tetap mengikuti peraturan perundang-undangan yang ada," kata Ani, sapaan akrab Sri Mulyani kepada wartawan di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Ken Dwijugiasteadi memasuki masa pensiun pada Desember 2017. Ken telah mengabdi di DJP selama 34 tahun. Laman media sosial Twitter resmi Direktorat Jenderal Pajak, @DitjenPajakRI, menyebutkan bahwa Ken mulai berkarir di Direktorat Jenderal Pajak pada 1983 setelah lulus dari Universitas Brawijaya, Malang.

Dalam sepekan ini, nama Robert Pakpahan santer dikabarkan sebagai penghuni kursi yang ditinggalkan Ken. Saat ini, Robert menjabat Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko di Kementerian Keuangan.

Dalam kesempatan lain, Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Denni Puspa Purbasari berpendapat bahwa kepatuhan membayar pajak masih menjadi isu yang perlu dihadapi oleh penjabat dirjen pajak.

"Pajak itu memang kita rasio pajak masih rendah, artinya kepatuhan menjadi isu. Kalau kita kemudian ingin belanja infrastruktur dan sosial meningkat, misalnya, untuk kesehatan dan pendidikan, artinya butuh pendanaan," ucap Denni, yang juga menjabat Deputi III Kantor Staf Presiden tersebut.

Sejatinya ada yang agak mengganjal. Menyangkut Robert yang saat ini masih menjabat Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu. Artinya, Robert terbiasa mengelola penerimaan bukan mengkoleksi penerimaan negara. Namun, seperti halnya Sri Mulyani bilang, kita tunggu saja keputusan Pak Jokowi. [tar]

Komentar

 
x