Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:47 WIB

Kajian Ilmiah Penting Kendalikan Perubahan Iklim

Oleh : - | Kamis, 30 November 2017 | 16:32 WIB
Kajian Ilmiah Penting Kendalikan Perubahan Iklim
(Foto: menlhk)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kontribusi penelitian dan pengajaran dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim merupakan hal yang penting untuk implementasi NDC (National Determined Contributions) Indonesia.

Hal inilah yang melatarbelakangi penyelenggaraan Seminar Nasional dan Rapat Umum Anggota Asosiasi Ahli Perubahan Iklim dan Kehutanan Indonesia (APIKI) Network di Jakarta, Rabu (29-30 November 2017).

Hadir sebagai Keynote Speech mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kamis (30/11/2017), Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), Nur Masripatin, menyampaikan, dengan latar belakang keilmuan yang dimiliki para anggota APIKI Network, merupakan mitra strategis dalam pengembangan kapasitas serta peningkatan partisipasi para pihak dalam pengendalian perubahan Iklim.

"APIKI terdiri dari para ilmuwan, dan perubahan iklim harus didukung oleh science (ilmu) yang kuat. Mereka berkontribusi kesitu, karena benar-benar memahami isu dan tantangan kedepan seperti apa. Riset yang kita lakukan itu harus didesain untuk menjawab persoalan masa depan, dari situlah harapan besar pemerintah terhadap APIKI," tuturnya.

Nur Masripatin menambahkan, melalui kajian-kajian yang dihasilkannya, peranan kalangan akademisi ini semakin signifikan dalam menunjang komitmen Pemerintah Indonesia, untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 29% dengan kemampuan sendiri (unconditional), dan 41% dengan dukungan internasional (conditional), dibandingkan tanpa ada aksi (business as usual) pada 2030.

Target conditional ini, akan dicapai melalui penurunan emisi GRK sektor kehutanan (17,2%), energi (11%), pertanian (0,32%), industri (0,10%), dan limbah (0,38%). Target ini menempatkan sektor kehutanan, terutama REDD+ dengan peran penting akademisi untuk mencapai target tersebut, dari sisi aksi mitigasi perubahan iklim. [*]

Komentar

 
x