Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 13 Desember 2017 | 18:22 WIB

Buka Jalan Tol, Jokowi Punya Kebiasaan Baru

Oleh : - | Senin, 4 Desember 2017 | 15:38 WIB
Buka Jalan Tol, Jokowi Punya Kebiasaan Baru
Presiden Joko Widodo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Soreang - "Ka Soreang Ngagaleuh laja, uihna ka Pasir Koja, geuning ayeuna aya tol Soroja. Dina rasa anu bahagia." Itulah kalimat Presiden Joko Widodo saat membuka Tol Soroja, Jawa Barat.

Meski dengan logat kental Jawa alias medok, Presiden Joko Widodo percaya diri mengucapkan kalimat tersebut, saat meresmikan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (4/12/2017).

Kurang lebih bila diterjemahkan berarti: "Ke Soreang membeli lengkuas, pulangnya ke Pasir Koja. Ternyata sekarang ada Tol Soroja. Jadi rasanya bahagia."

Dalam acara ini, Jokowi terlihat sumringah. Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI ini, mengutip lagu "Bandung Selatan Dilupakan Jangan" mahakarya Ismail Marzuki. "Bandung Selatan punya potensi besar. Ada hunian, industri, wisata, sarana olah raga terbesar dan pusat pemerintahan," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, dibukanya Tol Soroja sepanjang 10 kilometer, semakin mempermudah akses menuju Soreang. Perjalanan biasanya ditempuh 1,5 jam, sekarang bisa dipangkas menjadi hanya 12 menit.

Kata Jokowi, wilayah Bandung Selatan, terutama Kabupaten Bandung, harus bersiap untuk mengalami percepatan di berbagai bidang. "Jangan lupa, bersiap juga dengan kartu e-tol karena semua pintu sudah sisten elektronik," kata Jokowi.

Adanya tol ini, lanjut Jokowi, akan membuat calon atlit dan penggemar sepak bola akan menghemat biaya untuk menuju ke pusat sarana olahraga Jalak Harupat.

Selain itu, Tol Soroja memudahkan wisatawan menuju ke tempat wisata kebun teh di Rancabali, Malabar, Pangalengan. "Ada Danau indah Situ Patenggang, Cileunci, Cimanggu, Ciwalini, kawah putih. Rumah peninggalan Boscha sampai rumah tempat syuting Pengabdi Setan ada di Bandung Selatan," ujar Jokowi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan, Tol Soroja dilakukan studi awal pada 1996 dan awal 2000, merupakan usulan Pemprov Jawa Barat.

"Lelang tahun 2015 dan selesai 2017. Tol ini menghubungkan Kabupaten Bandung dengan daerah sekitar, terutama mendukung daerah selatan yang tertinggal dengan sisi utara," kata Herry.

Herry mengatakan, pembangunan Tol Soroja ini, merupakan kerja sama pemerintah dan badan usaha. Di mana, 65% sahamnya dimiliki PT CMNP, 25% PT Wijaya Karya dan 10% Jasa Sarana. "Proyek ini didanai syairah oleh tujuh bank pemerintah," kata Herry.

Oh, iya soal penggunaan bahasa Sunda saat membuka Tol Soroja ini, bisa jadi mau dijadikan ciri khas oleh presiden. Saat meresmikan Bandara Internasional Silangit di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, November lalu, Jokowi mengucapkan bahasa Batak. Bisa jadi, Jokowi menggunakan bahasa daerahnya saat meresmikan Tol di Solo. [tar]

Komentar

 
x