Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Januari 2018 | 12:49 WIB
 

Transaksi Harbolnas Rp4 T, Daya Beli Masih Perkasa

Oleh : - | Rabu, 13 Desember 2017 | 17:48 WIB
Transaksi Harbolnas Rp4 T, Daya Beli Masih Perkasa
Adrian Panggabean, Chief Economist CIMB Niaga - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Konsumen Indonesia dilanda demam belanja online. Bayangkan saja, transaksi belanja selama 3 Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mencapai Rp4 triliun. Atau Rp1,33 miliar per hari. Luar biasa.

Adrian Panggabean, Chief Economist CIMB Niaga, mengatakan omzet Harbolnas sebesar Rp4 triliun, lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya. "Transaksinya terus meningkat mencapai 4 kali dalam 3 tahun, bahkan mencapai 60 kali dalam 5 tahun," papar Adrian, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Adrian bilang, jika omset dalam 3 hari berjumlah Rp4 triliun, maka dalam 365 hari, jumlahnya harusnya sebesar Rp450 triliun, dari 250 lebih situs dagang online.

Belum lagi, transaksi yang dilakukan melalui Facebook, Instagram, WhatsApp, Blackberry yang tidak dilacak oleh Badan Pusat Statistik dan Ditjen Pajak.

"Jika Net Value Added dalam subsektor "Wholesale and retail sales (non-motor)" dalam PDB sekitar Rp1.700 triliun, maka omset penjualan di e-commerce sekarang sekitar 26%," jelasnya.

Adrian menambahkan, jika PDB sekitar Rp13.000 triliun, maka omset penjualan e-commerce berada di sekitar 3,5% dari PDB. Di AS, rasionya sekitar 6%-8%. Jadi e-commerce Indonesia sebenarnya sudah besar secara relatif.

"Dengan data-data itu, yang terjadi sebenarnya bukan penurunan daya beli, tetapi perubahan channel. Sayangnya ini tidak tertangkap oleh teknik pengumpulan data BPS yang ada saat ini. Sehingga winners dan losers, yang adalah implikasi dari pergeseran channel diatribusi barang, tidak tertangkap dalam data konvensional," tegas Adrian. [tar]

Komentar

 
x