Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Januari 2018 | 08:45 WIB
 

Kalla Ingatkan Kadin Jangan Jadi Anak Manja

Oleh : - | Jumat, 15 Desember 2017 | 03:29 WIB
Kalla Ingatkan Kadin Jangan Jadi Anak Manja
Wakil Presiden Jusuf Kalla - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Batam - Saat berbicara di Rapimnas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan jangan banyak mengeluh apalagi kerjanya hanya mengkritik pemerintah.

"Rapimnas ini tidak hanya bicara, mengeluh, minta pemerintah, tapi maju bersama-sama. Karena, pemerintah melakukan kebijakan, semua tergantung pada anggaran yang tidak sebaik yang kita harapkan. Defisit sudah agak tinggi, pajak juga tidak bagus. Artinya, pengusaha juga tidak bayar pajak, dengan semestinya sehingga sebelum kritik lainnya, kritik diri sendiri dulu," kata Kalla dalam Rapimnas Kadin Indonesia 2017 di Batam, Kepulauan Riau, Kamis malam (14/12/2017).

Menurut Kalla, ketimbang banyak mengeluh, Kadin seharusnya menjadi salah satu garda terdepan dalam memajukan ekonomi yang berkeadilan, melalui pembangunan daerah dan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, yang menjadi tema Rapimnas Kadin 2017.

Lebih lanjut, mantan Ketum Golkar ini mengingatkan, anggota Kadin bisa memulai dengan mengizinkan anak-anak muda magang di perusahaan mereka. Atau, mendukung inovasi dan kewirausahaan mahasiswa, dan memberikan contoh pengelolaan bisnis berdasarkan pengalaman mereka.

"Kita bisa bicara hebat, tapi kalau pengusaha tidak memberikan kesempatan kepada mahasiswa magang di perusahaan masing-masing, mendukung entrepreneurship di universitas-universitas, tidak akan ada kemajuan SDM," kata Kalla.

Kalla yang terbilang senior di Kadin memaparkan pengalaman ketika menjabat ketua Kadin Sulawesi Selatan selama 18 tahun. Sekian lama malang melintang di dunia bisnis, kini dirinya tinggal menikmati hasil. Semuanya menjadi indah ketika punya andil besar dalam membangun sumber daya manusia (SDM).

Di satu sisi, anak-anak muda dengan kualitas yang baik dapat bekerja untuk mereka sehingga perusahaan memiliki SDM yang baik, dan di sisi lainnya mereka akan memiliki kesejahteraan yang cukup untuk menjadi konsumen bagi produk-produk perusahaan mereka.

"Saat saya jadi ketua Kadin di Makassar selama 18 tahun karena tidak ada yang mau gantikan, saya lebih sering turun ke daerah, bekerja dengan petani bagaimana memajukan kakao, udang, mengundang eksportir sehingga petani mengetahui kualitas produk yang diinginkan pasar," kata dia.

Aktivitas itu membuat direktur perusahaan Kalla protes, karena dirinya lebih sering di luar ketimbang mengurus perusahaan. "Saya jawab, kalau petani makmur, mereka akan mampu beli mobil. Waktu itu saya jualan mobil," kata JK, sapaan akrabnya disambut tawa peserta.

Oleh karena itu, JK menyerukan, seluruh anggota Kadin, hendaknya bekerja bersama pemerintah dalam menyinergikan antara industri dan pasar, konsumen dan produsen, serta inovasi dan kewirausahaan.

"Semua negara punya masalah, tapi kita punya kekayaan alam yang banyak dan apabila diisi dengan SDM yang kuat kita akan cepat maju, karena keluhan demi keluhan saja tidak akan membantu kemajuan," kata JK. [tar]

Komentar

 
x