Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 April 2018 | 14:04 WIB
 

3 Hari Gelar Operasi Pasar

Satgas Pangan Tak Temukan Penimbunan Sembako

Oleh : - | Sabtu, 16 Desember 2017 | 01:29 WIB
Satgas Pangan Tak Temukan Penimbunan Sembako
Kepala Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto mengaku belum menemukan adanya penimbunan sembako dalam operasi pasar yang digelar dalam tiga hari terakhir ini.

"Selama tiga hari operasi pasar tanggal 12 - 14 Desember 2017, belum ditemukan tindak pidana penimbunan bahan pokok," kata Setyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Kata Setyo, harga sembako untuk saat ini, tergolong relatif stabil. Operasi pasar yang gencar dilakukan Perum Bulog, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian, efektif menjaga stabilitas harga. Khususnya menyambut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. "Masyarakat harus dapat sembako dengan harga yang ditetapkan pemerintah dan kuantitas yang memadai," ujar Setyo.

Menurut dia, ada 198 pasar di seluruh Indonesia yang menjadi target operasi pasar. "Tapi baru terlaksana di 52 pasar. Di antaranya 11 pasar di Jakarta," ungkap Setyo.

Pihaknya pun tidak memastikan batas waktu dilaksanakannya operasi pasar. "Kalau harga stabil ya kami tidak perlu lakukan operasi pasar. Tapi kalau ada indikasi kenaikan harga atau kelangkaan barang, ya operasi pasar lagi," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebut, persediaan 11 komoditas pangan, sangat mencukupi hingga akhir tahun. "Stok cukup untuk komoditas strategis," kata Amran.

Meski demikian, ada tiga komoditas yang saat ini masih impor, yakni kedelai, daging, dan gula. Secara keseluruhan, harga pangan selama 2017 nisbi stabil bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Amran mengatakan, tahun ini, pemerintah berhasil menstabilkan empat komoditas pangan, yakni beras, bawang merah, jagung, dan cabai, tanpa harus impor. Indonesia bahkan bisa ekspor untuk komoditas jagung dan cabai. [tar]

Komentar

 
x