Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 26 April 2018 | 14:37 WIB
 

Air Timor Dili-Kupang Dibuka, Ini Pesan Bea Cukai

Oleh : - | Selasa, 19 Desember 2017 | 19:46 WIB
Air Timor Dili-Kupang Dibuka, Ini Pesan Bea Cukai
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Kupang - Maskapai penerbangan Air Timor yang berkantor di Dili, Timor Leste, bekerja sama dengan Trans Nusa Aviation Mandiri, melakukan penerbangan perdana rute penerbangan internasional Dili-Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai Jumat (15/12/2017). Bea Cukai berharap agar penumpang memahami aturan barang bawang penumpang.

Pesawat modern ATR72 yang memiliki kapasitas 70 orang penumpang itu mendarat di Bandara Internasional El Tari Kupang setelah terbang perdana dari Bandara Internasional Presiden Nicolau Lobato Dili.

Bea Cukai Kupang turut memberikan pelayanan barang penumpang maupun pengawasan barang lartas pada para penumpang di penerbangan perdana tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan penerimaan negara di sektor kepabeanan dan cukai, sekaligus melindungi masyarakat melalui pengawasan dan/atau pencegahan masuknya barang impor yang berdampak negatif dan berbahaya yang dilarang dan/atau dibatasi (lartas) oleh regulasi,

"Kami berharap para penumpang memahami aturan barang bawaan penumpang, yaitu pembebasan untuk barang bawaan penumpang adalah US$250 per orang dan US$1.000 per keluarga. Jika barang yang dibawa melebihi nilai tersebut, maka akan dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor," ujar Kepala Kantor Bea Cukai Kupang, I Ketut Suardinaya, Selasa (19/12/2017).

Ia memaparkan, cara menghitung bea masuk adalah jumlah cost, insurance, dan freight dikalikan dengan tarif bea masuk yang bisa dicek melalui buku tarif kepabeanan Indonesia atau melalui portal Indonesian National Single Window.

Rute penerbangan ini akan beroperasi tiga kali semingggu yaitu Senin, Rabu, dan Jumat dengan jadwal penerbangan dari Kupang pukul 11.30 waktu setempat dan dari Dili pukul 14.00 waktu setempat. Kupang-Dili maupun sebaliknya ditempuh hanya selama 50 menit, dibandingkan melalui jalan darat yang membutuhkan waktu lebih dari 10 jam untuk mencapai Dili. [*]

Komentar

 
x