Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 April 2018 | 17:54 WIB
 

Pabrik Kertas Duit RI Tembus Pasar Amerika Selatan

Oleh : - | Rabu, 20 Desember 2017 | 11:33 WIB
Pabrik Kertas Duit RI Tembus Pasar Amerika Selatan
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Kudus - Perusahaan percetakan dan pabrik kertas, PT Pura Barutama berencana memasok kebutuhan kertas uang untuk Amerika Selatan pada 2018.

Presiden Direktur PT Pura Barutama Moeljono Soebijanto dalam temu media di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/12/2017), mengatakan, negara yang akan menjadi tujuan ekspor kertas uang adalah Chile dan Guatemala. "Kami saat ini sudah merambah ke negara Asia, di antaranya India, Nepal, dan Vietnam. Pasar terbesar kami di India yang kebutuhannya mencapai 4.000 hingga 5.000 ton," kata Moeljono.

PT Pura Barutama merupakan satu dari dua produsen kertas uang di Asia, selain di Korea Selatan. Kegiatan bisnis Pura memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri.

Pura juga memasok kertas uang dengan tanda air (watermark) dan benang pengaman untuk beberapa pecahan mata uang rupiah. "Kami memasok kertas uangnya, dan yang mencetak (rupiah) adalah Peruri," ucap Moeljono.

Ia mengatakan bahwa kertas untuk bahan cetak uang dibuat dengan mesin cetak khusus dan menggunakan bahan dasar kapas yang diimpor dari Uzbekistan.

"Namun, kami juga menggunakan bahan baku lain selain kapas untuk pembuatan kertas uang dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 45 hingga 50 persen," kata Moeljono.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager Divisi Kertas PT Pura Barutama, Mastamto, meyakinkan bahwa kertas uang yang diproduksi pihaknya memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak mudah dipalsukan. "Kami mempunyai spesialisasi untuk mesin pembuat kertas uang. Tidak ada uang palsu yang menggunakan kertas uang karena biasanya pencetak uang palsu hanya melakukan duplikasi dengan cara dicetak biasa," kata Mastamto. [tar]

Komentar

 
x