Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 21:12 WIB
Hightlight News

Pemerintah Siap Dukung Perajin dan Pengusaha Batik

Oleh : - | Jumat, 22 Desember 2017 | 07:42 WIB

Kata Kunci

Merosotnya Nilai Budaya

Kata Kunci

Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram juga menyatakan dukungannya atas  terbentuknya APPBI ini. " Kemenkop dan UKM yang salah satu tugasnya adalah melakukan koordinasi dan membuat kebijakan, mendukung terbentuknya APPBI ini," katanya.

Menurut Agus Muharram, dalam organisasi APPBI ada kata kunci yaitu, pengrajin dan pengusaha bersatu dalam satu wadah asosiasi. " Artinya bukan hanya pengusaha saja, kan banyak sekarang asosiasi yang anggota hanya pengusaha, sementara pengrajinnya ada yang hanya mensuplai produknya, dengan harga yang ditentukan oleh pengusaha" katanya.

Dengan bergabungnya pengusaha dan pengrajin dalam satu wadah, maka keduanya bisa disinergikan. Artinya ada yang berproduksi dalam hal ini pengrajin dan ada yang memasarkannya, sehingga pemasaran batik bisa dilakukan secara masif, lebih terintegrasi, terkoordinasi dan berdaya saing.

Kolaborasi pengrajin dan pengusaha, juga bisa meluruskan pemahaman yang salah terhadap batik-batik seperti printing, yang sebenarnya bisa dikatakan bukan batik.

Adanya APPBI juga bisa menjadi wadah pengrajin dalam mengembangkan desain-desain baru sesuai tuntutan pasar dan perkembangan jaman.

 

1 2

Komentar

x