Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 April 2018 | 17:57 WIB
 

Replanting Sawit di Sumsel Harusnya Lebih Luas

Oleh : - | Jumat, 22 Desember 2017 | 13:15 WIB
Replanting Sawit di Sumsel Harusnya Lebih Luas
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Palembang - Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang berharap, peremajaan tanaman kelapa sawit (replanting) di Provinsi Sumatera Selatan bisa lebih luas lagi.

Kata Bambang, pemerintah Pusat menargetkan atau replanting seluas 1,8 ribu hektar. Dan, Provinsi Sumsel bisa ambil bagian lebih luas lagi. "Apalagi Sumsel telah berhasil melaksanakan peremajaan sawit di Kabupaten Musi Banyuasin sehingga program tersebut harus dimaksimalkan lagi," kata Bambang dalam rapat koordinasi di Palembang, Sumsel, Kamis (21/12/2017).

Kata Bambang, replanting sawit merupakan program nasional dan mulai dilaksanakan pada 2017 yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel, belum lama ini.

Untuk Sumsel sendiri ada sekitar 4.800 hektar yang diremajakan, kemudian di Sumatera Utara tercatat 9.000 hektar. Jadi pada 2018 Sumsel harus lebih luas dibanding dengan provinsi lainnya. "Sehubungan dengan itu Sumsel harus bergerak cepat supaya program peremajaan sawit pada 2018 dapat ditingkatkan lagi," kata Bambang.

Dia meminta agar segera melakukan koordinasi dan mengikutsertakan semua pihak seperti masyarakat dan anggota TNI agar program pemerintah pusat tersebut berjalan lancar. "Mulai sekarang ajukan saja usulan peremajaan tersebut supaya pemerintah pusat dapat membantu terutama dalam merealisasikan pengadaan bibit unggul," kata dia.

Program peremajaan sawit itu guna meningkatkan daya saing dan pertumbuhan perekonomian masyarakat sehingga itu harus disukseskan. [tar]

Komentar

 
x