Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Januari 2018 | 08:56 WIB
 

Bea Cukai Tawarkan KITE kepada IKM Tasikmalaya

Oleh : - | Jumat, 22 Desember 2017 | 15:12 WIB
Bea Cukai Tawarkan KITE kepada IKM Tasikmalaya
(Foto: beacukai)

INILAHCOM, Tasikmalaya - Bea Cukai Tasikmalaya menawarkan fasilitas kepabeanan berupa Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM, kepada para pengusaha IKM se-Priangan Timur, melalui sosialisasi bertajuk "IKM Priangan Timur Menuju pasar Global".

Dalam acara yang digagas Bersama Kadin Kota Tasikmalaya ini, para pengusaha IKM mendapatkan informasi mengenai fasilitas KITE IKM sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 177/PMK.04/2016 tentang Pembebasan Bea Masuk dan Tidak Dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah atas Impor Barang dan/atau Bahan, dan/atau Mesin yang dilakukan oleh Industri Kecil dan Menengah dengan tujuan ekspor.

"Bea Cukai hadir di masyarakat untuk menjaga dari masuknya barang-barang yang dilarang dan memberikan fasilitas kepada para pengusaha agar bisa bersaing di tingkat internasional juga peran serta Bea Cukai dalam mendukung Paket Kebijakan Ekonomi dari Presiden salah satunya dengan Pusat Logistik Berikat. Dengan adanya fasilitas KITE IKM diharapkan bisa membantu pengusaha IKM meningkatkan daya saing terutama untuk pasar ekspor," ujar Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution, Selasa (19/12/2017).

Kepala Seksi Fasilitas Impor Tujuan Eskpor Pembebasan Direktorat Fasilitas Kepabeanan, Alfajri, yang menjadi narasumber dalam acara tersebut menyebutkan, sesuai pasal 2 ayat (4) PMK nomor 177/PMK.04/2016, fasilitas KITE IKM berupa pembebasan bea masuk serta pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah terutang tidak dipungut atas impor dan/atau pemasukan barang dan/atau bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain dengan tujuan untuk eskpor dan/atau penyerahan produksi IKM.

"Kami menyambut baik adanya fasilitas KITE IKM ini, karena fasilitas tersebut akan memberi dampak positif, seperti menurunkan biaya produksi, meningkatkan kapasitas dan utilitas produksi, penyerapan tenaga kerja, meningkatkan output dan keuntungan, juga daya saing," ujar Ketua Kadin Kota Tasikmalaya Denny Yunizar.

Senada dengan Denny, pemilik PT Tjiwulan Putra Mandiri sebagai penerima fasilitas KITE IKM pertama di Tasikmalaya menyebutkan bahwa fasilitas ini sangat bermanfaat untuk mendukung kemajuan IKM di pasar global. Dengan pemberian fasilitas tersebut, diharapkan para pelaku usaha IKM dapat membuat lompatan ekspor dan membuat efek domino yang nantinya berdampak kepada perluasan lapangan pekerjaan, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. [*]

Komentar

 
x