Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Januari 2018 | 08:33 WIB
 

Demi Pariwisata,Luhut Minta Status G Agung Dicabut

Oleh : Dewa putu sumerta | Sabtu, 23 Desember 2017 | 07:00 WIB
Demi Pariwisata,Luhut Minta Status G Agung Dicabut
Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan (baju putih) - (Foto: inilahcom/Dewa)

INILAHCOM, Karangasem - Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengusulkan agar status tanggap darurat Gunung Agung dicabut.

Kata dia, status tersebut berpengaruh kepada negara lain yang mengeluarkan travel advisory. Dia percaya, jika status tanggap darurat dicabut maka negara-negara lain akan mencabut travel advisory yang selama ini mereka keluarkan.

Sebaliknya, kata Luhut, jika status tanggap darurat tetap diberlakukan, sama artinya mengatakan Bali masih dalam kondisi bahaya. "Kalau status tanggap darurat itu dicabut mereka akan mencabut travel advisory mereka karena travel advisory itu bermuara kepada kita. Kalau kita bilang masih tanggap darurat, itu kan bahaya," Luhut di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Jumat (22/12/2017).

Di sisi lain, Luhut menjamin, 70 ribu warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Agung, akan tetap terlayani dengan baik. "Kita mau tanggap darurat itu kita cabut, tapi tetap kita perhatikan bagaimana 70 ribu rakyat ini bisa tetap dapat akses berasnya," jelasnya.

Dengan dicabutnya status tanggap darurat, Luhut memaklumi jika beras untuk pengungsi tak bisa digelontorkan oleh pemerintah daerah. "Sekarang kita mau, coba bisa tidak kementerian sosial mengeluarkan itu," pinta Luhut. [ipe]

Komentar

 
x