Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Januari 2018 | 12:51 WIB
Hightlight News

PLN Siap Operasikan Pembangkit Baru di Natuna

Oleh : - | Senin, 25 Desember 2017 | 00:16 WIB

Tantangan Pasokan Listrik di Pulau Terdepan

Tantangan Pasokan Listrik di Pulau Terdepan

Dengan kondisi geografis Kabupaten Natuna yang dipisahkan oleh laut, upaya PLN melistriki sedikitnya 6 pulau menjadi hal yang tidak mudah. PLN telah menyelesaikan tantangan berupa pengangkutan 23 unit mesin diesel dari pabrikan yang ada di Jakarta dan Surabaya dengan kapal berukuran besar.

“Setiba di lautan Natuna dengan terjangan ombak hingga 4 sampai 7 meter, harus beberapa hari menunggu air pasang agar kapal pengangkut mesin dan material  listrik yang lain bisa berlabuh di pinggiran pulau tujuan,” jelas Wiluyo.

Wiluyo melanjutkan bahwa upaya pemindahan mesin juga dilakukan dengan keterbatasan fasilitas sandar yang ada serta jalan akses setiba di daratan sehingga mesin pembangkit diesel dengan rata-rata berat 12 ton diangkut satu demi satu dari atas kapal melalui hamparan pasir pantai yang telah ditinggikan.

“Perkebunan milik penduduk  menuju power house telah disiapkan pada lahan milik PLN sehingga di penghujung tahun 2017 siap dioperasikan untuk menerangi 8 pulau,”  imbuh Wiluyo.

“Upaya PLN dalam menambah pasokan listrik  di Kabupaten Natuna ini merupakan wujud nyata kerja PLN Terangi Nusantara melalui terangnya cahaya listrik di  58 desa dari 76 desa yang ada, dan dari 9 pulau yang telah menikmati listrik PLN terdapat 6 pulau yang rasio desa berlistriknya sudah 100%,” jelas Wiluyo.

1

Tags

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x