Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 Februari 2018 | 06:04 WIB
 

Lumajang Kembangkan Kawasan Agribisnis

Oleh : - | Kamis, 4 Januari 2018 | 15:30 WIB
Lumajang Kembangkan Kawasan Agribisnis
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Lumajang - Pemerintah Kabupaten Lumajang mengembangkan kawasan agribisnis hortikultura berupa tanaman cabai merah besar dan salak di sejumlah desa yang berada di Kecamatan Pronojiwo.

Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang melalui UPT-BPP Kecamatan Pronojiwo melakukan pendampingan pengembangan kawasan cabai merah di Desa Oro-oro Ombo dan pengembangan kawasan Salak, serta panen padi bersama di Desa Supiturang secara maraton.

"Kami mengapresiasi semangat Kelompok Tani Desa Oro-oro Ombo yang mengembangkan kawasan hortikultura cabai merah besar," kata Kepala Dinas Pertanian , Paiman di Lumajang, Kamis (.

Menurutnya, pengembangan kawasan hortikultura cabai merah yang terintegrasi, peningkatan pembinaan dan pemberantasan hama penyakit, serta bantuan sarana produksi diharapkan dapat meningkatkan perbaikan mutu produk, serta didukung informasi pasar tentang cabai merah.

"Mudah-mudahan dengan pengembangan kawasan agribisnis hortikultura dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Kecamatan Pronojiwo," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, pengembangan kawasan tanam salak yang sebelumnya lahan di Kecamatan Pronojiwo tersebut ditanami singkong, namun kini ditanami salak karena adanya program 10.000 bibit salak, maka bisa dikembangkan menjadi agribisnis hortikultura salak di kecamatan setempat.

"Salak Pronojiwo merupakan salah satu komoditas unggulan hortikultura di Kabupaten Lumajang dengan luasan lebih dari 460 hektare di wilayah Kecamatan Pronojiwo," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Lumajang juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada petani yakni bantuan kereta dorong, bibit salak, alat pengukur pH tanah, mesin power sprayer, pupuk organik dan NPK.

"Kami berharap semua bantuan dioptimalkan dalam penggunaannya, sehingga bisa bermanfaat untuk para petani dan saya berpesan agar semua petani memiliki kartu tani," uajrnya menambahkan.

Sementara Kelompok Tani Sidodadi Desa Supiturang Hermanto menyambut gembira pemberian sejumlah bantuan karena kelompok taninya yang masih berusia kurang dari 3 tahun sudah mendapatkan kepercayaan untuk mengembangkan hortikultura, serta mendapat bantuan.

"Kami mendapat bantuan pengembangan tanaman kakao, makanan ternak dalam bentuk 10.000 bibit rumput gajah, program pengembangan tanaman salak, bantuan kereta dorong 18 unit, power sprayer, alat pengukur pH tanah, serta pupuk organik dan NPK," katanya.

Komentar

 
x