Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 23:31 WIB
 

Garap LRT, Ratu Prabu Gaet Investor Tiga Negara

Oleh : - | Sabtu, 6 Januari 2018 | 08:09 WIB
Garap LRT, Ratu Prabu Gaet Investor Tiga Negara
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Ratu Prabu Grup mendatangi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno untuk presentasi proyek kereta ringan/LRT senilai Rp400 triliun dengan rute sepanjang 400 kilometer (km).

Sandi, sapaan akrab Wagub DKI ini bilang, nantinya proyek ini akan didanai oleh pihak Ratu Prabu Grup dengan menggandeng investor dari tiga negara yakni China, Korea dan Jepang.

"Kemarin mereka (Ratu Prabu) menyampaikannya (pendanaan) dari grup mereka sendiri dan akan menggalang dana dari luar negeri juga dari China dari Korea maupun dari Jepang," terangnya ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (5/1/2018).

Sandi yang hobi jogging ini menerangkan, urgensi proyek LRT berdana jumbo ini, adalah kemacetan Jakarta dan wilayah penyangganya yang semakin bertambah tiap tahunnya.

"Tentunya (urgensi) kita akan mengalami masalah yang besar dari segi kemacetan dan ini kita inginkan partisipasi bukan hanya dari pemerintah tapi dari semua pihak," jelasnya.

Dalam posisi ini, Sandi bilang pemerintah Provinsi bertindak sebagai regulator saja dalam paket regulasi. Sementara pendanaannya tidak akan menggunakan anggaran APBD.

"Mereka yang mendanai, mereka yang mengoperatori dan mereka yg melakukan maintenance jadi yang diperlukan (pemprov) hanya paket regulasi," tuturnya.

Dia menambahkan, tentunya dirinya ingin semua kekuatan pendanaan itu diarahkan untuk mmbangun mobilitas masyarakat Jakarta yang lebih tinggi lagi. Namun dirinya juga menyadari harus berkoordinasi dengan pihak Kementerian Perhubungan dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). [ipe]

Komentar

x