Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Januari 2018 | 12:50 WIB
 

Panen Padi Terjadi Tiap Hari di Jabar Selatan

Oleh : - | Minggu, 7 Januari 2018 | 20:45 WIB
Panen Padi Terjadi Tiap Hari di Jabar Selatan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Tasikmalaya - Kabupaten Tasikmalaya yang berada di wilayah selatan Jawa Barat memilikipotensi panen luar biasa. Luas panen sampai Maret 2018 diperkirakan mencapai 39.200 Hektar. Meskipun di dukung irigasi non teknis, namun produktivitasnya tidak kurang dari 6,9 ton/hektar Gabah Kering Panen (GKP).

Hal tersebut dibuktikan saat panen bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi pada hamparan seluas 25 hektar, Sabtu (6/1/2017). Varietas yang umum digunakan adalah Ciherang dan Mekongga dengan produktivitas sekitar 7,1 ton/hektar GKP.

"Kita bersama-sama menyaksikan disini, sepanjang Jawa Barat selatan bahwa padi melimpah karena panen berlangsung sepanjang tahun," ujar Agung.

Ketua Poktan Cikole Desa Linggasirna, Oman Abdurrahman mengungkapkan, seperti tahun tahun sebelumnya di Kecamatan Sariwangi ini tidak ada paceklik, karena selalu ada panen setiap hari. "Panen akan terus berlangsung sampai akhir Januari 2018 pada areal 250 hektar" jelas Oman.

Dalam kesempatan ini Kasubdivre Bulog Ciamis, Zulais juga mengakui stok aman, sehingga tidak ada alasan untuk resah. "Saat ini gudang Bulog Subdivre Ciamis dipenuhi stok beras sebanyak 9.200 ton ujarnya.

Selain di Tasikmalaya, panen juga tengah berlangsung di Desa Kopo, Kutawaringin, Kabupaten Bandung pada areal 209hektar. Ketua Gapoktan Lestari, H Dadan, mengungkapkan, di daerahnya tidak mengenal panen raya, tetapi setiap hari panen dengan indeks pertanaman mencapai 2,5 dan produktivitas tak kurang dari 6,5 -7 ton/hektar. Varietas yang umum digunakan adalah Ciherang dan Inpari 30.

Kepala DinasPangan dan PeternakanJawa Barat, Dewi Sartika mengatakan, adanya panen setiap hari, merupakan jaminan ketersediaan beras bagi masyarakat.

Turut hadir dalam panen bersama ini Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan BKP, Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Bulog, dan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat, serta Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tasikmalaya, bersama dengan masyarakat. [*]

Komentar

 
x