Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 15:13 WIB
 

Manado Perbaiki Kualitas Minyak Kelapa Ekspor

Oleh : - | Senin, 8 Januari 2018 | 11:29 WIB
Manado Perbaiki Kualitas Minyak Kelapa Ekspor
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Manado - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berupaya meningkatkan kualitas minyak kelapa kasar (crude coconut oil/CCO) ekspor pada tahun 2018.

"Permintaan CCO dari Amerika Serikat cukup tinggi sehingga kualitas harus ditingkatkan," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin di Manado, Senin (8/1/2018).

Darwin mengatakan hampir setiap bulan Sulut mengekspor CCO ke Amerika Serikat dengan volume ribuan ton dan mampu menghasilkan devisa hingga jutaan dolar AS sehingga pada tahun 2018 akan ditingkatkan, selain mencari pasar baru.

Menrurut dia, Amerika Serikat meminati produk tepung kelapa asal Sulut karena memiliki mutu yang baik.

Dia mengatakan bahwa CCO merupakan produk unggulan Sulut yang mampu menghasilkan devisa paling besar dibandingkan komoditas lainnya.

Peluang dan kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pengekspor di Sulut karena mampu memberikan nilai tambah yang lebih yang akan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengatakan bahwa Amerika Serikat merupakan pasar yang paling sulit ditembus untuk melakukan ekspor. Namun, CCO asal Sulut telah diakui kualitasnya sehingga mampu menembus pasar Amerika Serikat.

Realisasi ekspor produk turunan kelapa tersebut, kata dia, makin memperkuat eksistensi komoditas andalan Sulut tersebut di pasar negara itu.

"Minyak kelapa kasar selama ini merupakan komoditas yang paling diandalkan Sulut dalam meraup devisa," katanya.

Besarnya ekspor CCO ke AS tersebut karena komoditas tersebut selain diolah menjadi produk kebutuhan rumah tangga, juga bahan bakar alternatif yaitu biofuel. [tar]

Komentar

x