Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Januari 2018 | 08:55 WIB
 

Agar Tak Mangkrak, Darmin Siap Kawal 1.054 Proyek

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 11 Januari 2018 | 00:29 WIB
Agar Tak Mangkrak, Darmin Siap Kawal 1.054 Proyek
Menko Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Sejak 24 September 2017, pemerintah mencatat 1.054 proyek investasi senilai US$42,6 miliar yang terregister di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), mangkrak.

Agar ribuan proyek investasi tersebut tak mangkrak atau tersimpan di laci Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pemerintah berencana untuk mengawal rencana investasi tersebut agar terealisasi dilapangan.

"Investasi yang sudah didaftarkan sejak 24 September 2017 waktu Perpres keluar yang hampir US$50 miliar itu harus dikawal oleh Satgas Pusat," kata Menko Perekonomian, Darmin Nasution di Kantornya, Jakarta, Rabu (10/1/2017).

Agar ribuan rencana investasi tersebut tak mangkrak, pemerintah akan mengawal dengan Satuan Tugas (Satgas) Kementerian/Lembaga dimana fungsi Satgas tersebut memecahkan persoalan dan hambatan para investor terkait perizinan.

"Mereka (Satgas) diminta untuk mengidentifikasi dan mengecek izinnya apa saja yang diperlukan di daerah, sehingga bisa mengawalnya. Termasuk menyelesaikan hambatan, serta laporan berkala setiap ada penyelesaian," kata Darmin.

Darmin bilang, salah satu permasalahan dalam pelaksanaan satgas yang ditemukan selama ini, yakni kurang menyebarnya informasi terkait kebijakan pelaksanaan berusaha ini di kalangan pemerintah daerah.

Untuk itu, perlu adanya peran aktif dari satgas pemerintah pusat yang mengawasi pemerintah daerah dalam melakukan identifikasi permasalahan dan debottlenecking pelaksanaan kemudahan berusaha di setiap wilayah Indonesia.

"Pemerintah terus menggerakan Satgas Leading Sector yang bertanggungjawab untuk mengawasi kegiatan usaha di seluruh daerah. Satgas ini dilengkapi dengan sistem komunikasi online agar bisa tracking semua permohonan investasi yang berjalan," tegas Darmin.

Staf Khusus Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Edy Putra Irawady mengatakan, nilai investasi baru di 2017 sebesar US$42,6 miliar mengalami kenaikan 23,7% dibanding tahun sebelumnya yang senilai US$34,5 miliar dengan 1.054 proyek investasi baru. "Ini yang mau kita kejar, ini baru di pusat lho. Dikawal di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), tidak lewat lain lagi," kata Edy. [ipe]

Komentar

 
x