Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 12:59 WIB
 

Inilah Program-program Nyata Perempuan Tani-HKTI

Oleh : Ahmad Munjin | Kamis, 11 Januari 2018 | 05:25 WIB
Inilah Program-program Nyata Perempuan Tani-HKTI
(Foto: inilahcom/Dok)

INILAHCOM, Jakarta - Sudah seharusnya Perempuan mempunyai akses yang sama dalam hal pembangunan pertanian. Perempuan ikut berperan dalam pengambilan keputusan.

Dukungan dan partisipasi semua pihak yang terkait sangat diharapkan untuk mewujudkan kesejahteraan.

"Selain mengurus rumah tangga, perempuan dapat membantu suami dalam mencari nafkah dan mengurus lahan pertanian atau pekarangan untuk menghidupi keluarganya," kata Ketua Umum Perempuan Tani HKTI, Dian Novita Susanto dalam sambutan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Perempuan Tani Periode 2017-2022 di Jakarta, Rabu (10/1/2017) malam.

Dengan dilantiknya kepengurusan Perempuan Tani sebagai bagian dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, kepengurusan tersebut menjadi sah sehingga pengurus Perempuan Tani dapat berkiprah lebih luas dan mampu mewujudkan tujuan-tujuan mulia yang ingin dicapai oleh HKTI khususnya di bidang Perempuan dan meningkatkan peran-perannya dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Perlu diketahui, lanjut dia, perempuan sebagai sumber daya insani yang cukup besar jumlahnya saat ini merupakan subyek pembangunan yang cukup andal. "Perempuan adalah kekuatan potensial bangsa yang hadir dalam jumlah yang tidak hanya besar, tetapi juga berimbang jumlahnya dengan kaum pria," ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, peran-peran perempuan yang begitu besar tentunya harus diapresiasi. "Kondisi ini tentu harus menjadi perhatian publik, sehingga aktivitas dari semua peran perempuan dalam berbagai bidang pembangunan dapat terekspos ke publik dengan maksud menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh masyarakat," ucapnya.

Perempuan Tani HKTI lahir dari semangat untuk memberdayakan perempuan dalam bidang pertanian dengan mengedepankan modernisasi pada sektor kegiatan pertanian di dalam setiap programnya.

"Sebagai gambaran kita bersama, sebagai sebuah organisasi kami sudah menyusun secara garis besar program-program kerja yang akan kami laksanakan nantinya," ucap dia.

Program Jangka pendek adalah melengkapi seluruh kebutuhan organisasi baik administrasi dan struktur organisasi untuk tingkat daerah-daerah di seluruh Indonesia.

"Selain itu, perlu sosialisasi dengan melakukan Audiensi kepada pihak-pihak yang nantinya kami harapkan dapat bekerjasama dengan Perempuan Tani HKTI seperti kepada Pemerintah melalui Kementerian terkait, Sektor Swasta serta mitra terkait lainnya," kata Dian.

Perihal Program Jangka Menengah, Perempuan Tani sedang menjalankan Program Pengolahan Hasil Panen Bawang Merah dan Cabai.

"Serta kami bekerja sama dengan Inovator yang bergerak dalam sektor Bio Solutions untuk mengonsepkan Pola Budidaya Ayam Sehat tanpa mengganggu lingkungan dan pemakaian obat-obatan kimia untuk tercapainya "Swasembada Protein ala Perempuan Tani" yang pada kesempatan ini Bapak Ibu sudah mencicipi rasanya yang berbeda," papar dia penuh bangga.

Sementara itu, untuk Program Jangka Panjang Perempuan HKTI ke depan adalah berperan aktif baik di tingkat Daerah, Nasional bahkan Internasional.

"Kami perlu melakukan terobosan-terobosan dalam peningkatan ekonomi masyarakat petani khususnya kaum perempuan di sektor pertanian seperti melakukan Inovasi dengan menciptakan Buah Melon dan Buah Semangka dengan bentuk Kotak guna meningkatkan daya jual sebagai sumber penghasilan petani," tuturnya.

Perempuan Tani juga melakukan pelatihan-pelatihan dalam upaya meningkatkan ekonomi, melakukan pendampingan-pendampingan serta bentuk kerja-kerja yang nyata dan langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Semoga dengan dukungan dan kerjasama kita semua, apa yang menjadi tujuan mulia dan harapan HKTI yaitu masyarakat tani yang maju, adil dan sejahtera dapat tewujud," imbuhnya.

Acara pelantikan dihadiri Ketua Badan Pertimbangan Organisasi Oesman Sapta Odang yang diwakili oleh Sekretaris Badan Pertimbangan Organisasi HKTI, S Benny Pasaribu, Ketua Dewan Pakar HKTI Agus Pakpahan,Sekretaris Dewan Pakar HKTI Nasiruddin Amiruddin,Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional HKTI Bapak Jenderal TNI (Purn) Moeldoko danseluruh Jajaran Pengurus Harian Dewan Pimpinan Nasional HKTI. [jin]

Komentar

x