Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 17:19 WIB

Legacy Aher Seratus Ribu Wirausaha di Jawa Barat

Jumat, 12 Januari 2018 | 06:29 WIB

Berita Terkait

Legacy Aher Seratus Ribu Wirausaha di Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bandung - Di penghujung jabatan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bisa bernafas lega. Dirinya berhasil melahirkan seratus ribu wirausaha di daerahnya bisa terlampaui.

Kata Aher, sapaan akrabnya, agar Provinsi Jawa Barat menjadi daerah yang maju, secara teori, paling tidak 4% penduduknya harus berprofesi sebagai wirausaha.

Adagium inilah yang menginspirasi Aher untuk mencanangkan Pencetakan Seratus Ribu Wirausaha Baru sejak 2014. Kala itu, jumlah wirausaha di Jawa Barat hanya 2% dari total penduduk.

"Targetnya, sesuai Pergub Jabar No 58 Tahun 2014 tentang Pedoman Pencetakan Seratus Ribu Wirausaha Baru, setiap tahun bisa dihasilkan 20.000 wirausaha baru," dalam rilis kepada media, Kamis (11/1/2018).

Tahun ini, Aher optimis, sebanyak seratur ribu wirausaha baru akan muncul. Pergub ini kemudian diubah dengan Pergub No 79 Tahun 2015 untuk lebih memberikan jaminan dan kepastian eksistensi masyarakat dalam mengembangkan wirausaha baru.

Nyatanya, hingga akhir 2017, capaian jumlah wirausaha baru tersebut sudah melampaui target. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat hingga 2017, tercatat 129.191 wirausaha baru di Jabar.
Jumlah pengusaha baru ini terdata lengkap sesuai nama, alamat, dan jenis usahanya. Jumlah itu dipastikan bertambah karena tahun pendaftaran peserta program ini di tahun 2018 baru dimulai.

"Kita terus mengajak insan muda yang kreatif dan inovatif untuk bergabung menjadi wirausahawan di Jawa Barat dalam Pencetakan Seratus Ribu Wirausaha Baru ini. Anak muda, jangan takut jadi orang kaya. Hadirkan dua sifat dalam satu sosok, kaya dan taqwa. Karena tidak ada pertentangan antara ketaqwaan dengan kekayaan dalam agama," ujar Aher.

Menurut pria lulusan magister ekonomi pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, program Pencetakan Seratus Ribu Wirausaha Baru ini akan menghantarkan mimpi dan cita-cita insan muda di Jabar untuk menjadi wirausaha andal, produktif, dan professional. "Karena dalam program tersebut, kita adakan proses pelatihan, magang, dan mentoring pendampingan usaha," tambah Aher. [ipe]

Komentar

x