Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 12:58 WIB
 

Pemprov Bali Ingin Raih Opini WTP Lagi

Oleh : - | Jumat, 12 Januari 2018 | 13:49 WIB
Pemprov Bali Ingin Raih Opini WTP Lagi
Gubernur Bali, Made Mangku Pastika - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Denpasar - Gubernur Bali, Made Mangku Pastika mengingatkan agar Inspektur yang baru dilantik dapat mempertahankan opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian yang telah diraih selama empat tahun berturut-turut.

"WTP agar dapat dipertahankan. Dengan catatan, temuan yang menurun kuantitas dan bobotnya," kata Pastika saat menyampaikan sambutan pada pelantikan Inspektur Provinsi Bali yang baru di Denpasar, Jumat (12/1/2018).

Jabatan Inspektur Provinsi Bali kini dipegang oleh I Wayan Sugiada, yang sebelumnya merupakan Kepala Biro Hukum dan HAM Setda Provinsi Bali. Sedangkan Ketut Teneng, pejabat Inspektur sebelumnya telah purnatugas pada akhir November 2017.

Menurut Pastika, pejabat Inspektur yang baru mengemban tugas yang berat karena mengawal akuntabilitas dan transparansi tata kelola pemerintahan Pemprov Bali.

"Saya berharap Inspektur yang baru, mampu berperan sebagai manajer yang memastikan sistem pengawasan intern pemerintah berjalan optimal, harus bersinergi dan berkoordinasi dengan institusi pengawas internal lainnya, serta dengan institusi pengawas eksternal," ucapnya.

Pastika menambahkan, yang jauh lebih penting, Inspektur agar mampu menciptakan sistem dan budaya birokrasi dalam tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel dan bebas dari korupsi.

Dalam kesempatan tersebut, yang juga dilantik 20 pejabat eselon III dan dan 169 pejabat eselon IV, Pastika meminta para pejabat untuk lebih fokus mengevaluasi semua pekerjaan yang sudah, maupun belum selesai, dan tetap berpedoman pada norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK).

Apalagi, ujar dia, pejabat eselon III (pejabat administrator) dan eselon IV (pejabat pengawas) memang bertugas memastikan semua kegiatan berjalan sesuai dengan aturan. [tar]

Komentar

x