Jumat, 24 Oktober 2014 | 23:51 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ditjen Migas Segera Susun Buku Putih DME
Headline
Evita H. Legowo,
Oleh: Susan Silaban
ekonomi - Selasa, 5 Januari 2010 | 18:25 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Terkait dengan rencana pemanfaatan Dimethyl Ether (DME) sebagai bagian dari pelaksanaan diversifisikasi energi dengan memanfaatkan berbagai sumber energi yang tersedia, Ditjen Migas akan segera menyusun buku putih mengenai DME.

Demikian disampiakan Ditjen Migas, Selasa (5/1).

Buku putih tersebut, menurut Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo, Selasa (5/1), berisi pelbagai hal mengenai DME, termasuk hasil penelitian yang dilakukan Lemigas dan PT Pertamina.

Buku putih ini berisi banyak hal mengenai DME, mulai dari proses di hulu, karakteristik dan kinerja DME sebagai campuran LPG untuk bahan bakar kompor rumah tangga. Buku ini merupakan bahan usulan dari Menteri ESDM ke pemerintah untuk dibahas lebih lanjut, kata Evita.

DME adalah senyawa organik dengan rumus kimia CH3OCH3 yang dapat dihasilkan dari pengolahan gas bumi, batu bara dan sumber-sumber lain yang pemanfaatannya untuk bahan bakar. Sejumlah negara yang telah memanfaatkan DME sebagai bahan bakar adalah China dan Jepang.

Untuk Indonesia, diusulkan pemanfaatan DME sebagai blending dan subsitusi LPG sehingga dapat mengurangi impor LPG. Bahan baku DME yang potensial untuk dimanfaatkan adalah batu bara. Berdasarkan Blueprint Pengelolaan Energi Nasional 2005-2025, cadangan batu bara tercatat 19,3 miliar ton yang dapat dimanfaatkan hingga 147 tahun. [san/cms]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER