Minggu, 26 Oktober 2014 | 13:57 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Calon Direksi Pertamina
Lulus Seleksi Tim TPA
Headline
istimewa
Oleh: Susan Silaban
ekonomi - Jumat, 8 Januari 2010 | 07:55 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Setelah melalui proses seleksi yang dilakukan dalam satu bulan lebih, berikut sebagai nama-nama calon yang dikabarkan sudah lulus uji tim TPA.

Sumber INILAH.COM, menerangkan adapun nama-nama tersebut antara lain, dari orang dalam Pertamina diantaranya Direktur Pertamina Hulu Energi, Bagus Setiardja, dan juga Direktur Operasi Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP)Bagus Sudaryanto. Kedua calon ini bakal menduduki posisi Direksi di Pertamina Persero.

Sementara calon dari orang luar Pertamina di antaranya, Staf Ahli Kementerian BUMN, Eko yang rencananya mengisi posisi Dewan Komisaris Pertamina menggantikan Gita Wiryawan, yang sekarang dipercaya menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Calon lain yang masuk dalam daftar nama ke TPA adalah Mantan Wakil Direktur Utama Pertamina era Dirut Ari Soemarno, Iin Arifin Takyan yang rencananya mengisi posisi Komisaris Utama Pertamina, menggantikan Purnawirawan Sutanto yang kini menjadi kepala Badan Intelijen Nasional (BIN).

Banyaknya nama dari orang luar Pertamina, sekitar 11 orang sangat disesalkan oleh Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi).

Direktur Puskepi kepada INILAH.COM, Jakarta, Kamis (7/1) malam mengatakan Pemerintah sebaiknya tidak merekrut orang luar pertamina sebagai direksi karena pertamina memiliki kader-kader yang handal.

Lanjutnya, apalagi jika benar Karen Agustiawan tetap dipercaya sebagai Dirut maka tim direksi pertamina akan solid dan kompak karena telah lama saling mengenal. "Ini faktor psikologis yang harus dipertimbangkan oleh Presiden selaku ketua Tim Penilai Akhir (TPA) calon Direksi dan Komisaris Pertamina," katanya.

Lanjutnya, Presiden SBY dan anggota TPA diharapkan konsekuen terhadap peraturan yang telah dibuat dan ditetapkan yakni mengedepankan hasil fit and propher test yang merupakan uji kelayakan kepatutan dan
kecerdasan serta kehandalan para calon.

Jika TPA mengabaikan dan menutupi hasil FPT tersebut dengan memaksakan tekanan atau titipan pihak tertentu, ini menciderai citra kepemimpinan SBY dan lambat laun pasti masyarakat akan mengetahui hal tersebut. [san/cms]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER