Rabu, 20 Agustus 2014 | 17:42 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kualitas Tambang Batubara BHP Billiton Terbaik di Dunia
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh: Makarius Paru
ekonomi - Kamis, 28 Januari 2010 | 08:05 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Kualitas batubara pada lokasi tambang batubara milik BHP Billiton di Kalimantan termasuk terbaik di dunia, bahkan untuk sementara belum ada konsumen lokal yang bisa menyerapnya.

"Jenis batubara kami adalah jenis Metalogi, dan termasuk yang terbaik di dunia. Kalorinya sangat tinggi antara 7-8 persen ke atas. Karena itu pangsa pasarnya sangat menjanjikan," kata Manager Eksternal Affairs BHP kepada INILAH.COM, usai RDP dengan Komisi VII DPR, Rabu (27/1) malam.

Dia menanjutkan, jenis batubara ini kalau ingin dimixkan hanya cocok dengan sejenisnya, dari belahan negara lain. Kalau dicampurkan sangat bagus untuk peleburan besi baja.

Sementara lanjutnya, jenis batubara yang selama ini dikonsumsi produsen domestik adalah jenis batubara low rank seperti yang dibutuhkan PLN dan konsumen lainnya.

Maka dari itu lanjut Indra, BHP sendiri sebagai perusahaan tambang terbesar dunia tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Sehingga pada 2014 mendatang BHP komit ada atau tidaknya patner tambang di Kalsel harus dieksplorasi.

Adapun rencana eksplorasi pada 7 lokasi tambang tersebut akan dibagi dalam 3 fase. Fase pertama kapasitas produksi 6 juta ton per tahun dengan investasi US$500-1 miliar, fase kedua kapasitas produksi 11 juta ton per tahun dengan investasi US$2-3 miliar dan fase ketiga sekitar 15-20 tahun lagi dengan kapasitas produksi puncak sekitar 40 juta ton per tahun. [san/cms]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
1 Komentar
Darussalam
Rabu, 7 Desember 2011 | 16:58 WIB
Andaikan bisa kerja disini mungkin sangat menyenangkan...
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER