Rabu, 22 Oktober 2014 | 20:49 WIB
Follow Us: Facebook twitter
ATM Berkamera sudah 50%
Headline
istimewa
Oleh: Agustina Melani
ekonomi - Rabu, 17 Februari 2010 | 20:07 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Sekitar 50% hingga 70% Anjungan Tunai Mandiri (ATM) telah menggunakan camera dan anti skimmer. Mayoritas dilakukan bank asing untuk menghindari pembobolan rekening bank.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Artajasa Arya Damar, pada acara Kiat Aman Bertransaksi dengan E-Banking di Indonesia, Rabu (17/2). "penggunaan ATM memberikan kemudahan bagi nasabah. Untuk memberikan keamanan, bank telah memberikan layanan seperti anti skimmer dan camera," katanya.

Saat ini, transaksi perbankan menggunakan transaksi manual sekitar 40% dan sisanya dengan elektronik sehingga dibutuhkan kewaspadaan semua pihak. Umumnya bank asing sudah memakai camera dan antiskimmer pada ATM. "Dengan ATM memberikan kemudahan bagi nasabah dan keamanan ATM selalu ditingkatkan setiap tahun," ujar Arya.

Direktur BII Stephen Liestyo mengatakan, bank juga telah diminta oleh Bank Indonesia untuk meningkatkan keamanan. Tetapi kadang pihak perbankan kurang tanggap untuk mengantisipasi keamanan perbankan seperti skimming. Perbankan juga memang seharusnya lebih memberikan edukasi kepada masyarakat agar keamanan transaksi bank lebih aman. "Setelah kejadian skimming tersebut maka Bank mulai perhatian untuk lebih memasang anti skimmer," ujar Stephen.

Stephen menyarankan, untuk menjaga keamanan di ATM sebaiknya nasabah lebih berhati-hati untuk menyembunyikan pin. Untuk kiat aman bertransaksi dengan e-banking Stephen juga menyarankan untuk memperhatikan situs, menggunakan situs dan notifikasi. [hid]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER