Sabtu, 29 November 2014 | 15:26 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Asuransi Bakrie Raih Golden Award
Oleh: Reni Herawati
ekonomi - Kamis, 26 Juni 2008 | 13:54 WIB
INILAH.COM, Jakarta - PT Asuransi Jiwa Bakrie meraih Golden Award setelah berhasil mempertahankan prestasinya selama lima tahun berturur-turut.

Perhargaan diberikan Majalah Investor. Dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (26/6), Asuransi Jiwa Bakrie meraih nilai tertinggi di kelas aset di atas Rp 500miliar-Rp1,5 triliun.

Secara keseluruhan, majalah ini memberikan penghargaan kepada 11 perusahaan asuransi nasional yang masuk dalam Asuransi Terbaik 2008.

PT Asuransi Astra Buana terpilih sebagai asuransi terbaik untuk kategori asuransi umum beraset di atas Rp 1 triliun, PT Asuransi Jaya Proteksi terbaik untuk kategori aset di atas Rp 200 miliar hingga Rp 1 triliun, PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur teratas dalam kelompok aset di atas Rp 100 miliar hingga Rp 200 miliar dan PT Asuransi Tugu Kresna Pratama terbaik pada kategori aset di bawah Rp 100 miliar.

Pada kelompok asuransi jiwa, PT Prudential Life Assurance menempati posisi teratas untuk kategori aset di atas Rp7,5 triliun, PT Asuransi Jiwa Sinarmas terbaik pada kategori aset di atas Rp 5 triliun Rp 7,5 triliun.

Pada kategori aset di atas Rp 1,5 triliun hingga Rp 5 triliun PT Asuransi Jiwa Mega Life, dan PT Asuransi Jiwa Bakrie meraih nilai tertinggi di kelas aset di atas Rp 500 miliar- Rp 1,5 triliun. Pada kelompok terakhir, asuransi jiwa beraset di bawah Rp 500 miliar muncul juara kembar dengan skor yang sama, yakni PT Asuransi Jiwa Bumiartha Reksatama, dan PT Asuransi Jiwa Recapital.

Di kategori reasuransi, yang berhasil menempati posisi teratas adalah PT Reasuransi Internasional Indonesia. Sedangkan, penghargaan khusus diberikan kepada PT Asuransi Kesehatan (Persero), sebagai perusahaan asuransi sosial yang berhasil menjalankan program asuransi kesehatan untuk rakyat miskin.

Ke-11 perusahaan asuransi terpilih sebagai perusahaan asuransi terbaik pada kelompoknya masing-masing, setelah melewati proses seleksi awal dan proses pemeringkatan Majalah Investor. Penghargaan khusus diberikan dengan mempertimbangkan peranan kepada masyarakat dan program inovasi yang ditunjukkan perusahaan asuransi sosial sepanjang tahun 2007 dan kuartal pertama 2008. Untuk mengukur peringkat perusahaan asuransi itu, digunakan sejumlah kriteria pemeringkatan.

Herris Simandjuntak, ketua Tim Juri Pemeringkatan Asuransi 2008 menyebutkan, pemeringkatan asuransi dapat mendorong perusahaan untuk lebih meningkatkan kinerjanya. Setidaknya, menurut mantan Direktur Utama PT Jiwasraya dan Asuransi Jasindo ini, pemeringkatan asuransi menjadi tolok ukur raihan kinerja yang telah dicapai perusahaan.

Sementara Direktur Globe Media Group, Primus Dorimulu, menjelaskan, pemeringkatan asuransi itu menggunakan data laporan keuangan pada 2004-2007. Dari data-data tersebut kemudian dilakukan perhitungan dan penilaian terhadap kinerja perusahaan. "Mengingat karakternya yang berbeda, asuransi umum dipisahkan dengan asuransi jiwa. Begitu pula dengan reasuransi," katanya.

Pada pemeringkatan perusahaan asuransi umum, digunakan 15 kriteria, yaitu pertumbuhan aset rata-rata (20042007), pertumbuhan ekuitas rata-rata (2004-2007), pertumbuhan jumlah investasi rata-rata (2004-2007), pertumbuhan premi neto rata-rata (2004-2007), pertumbuhan premi penutupan langsung rata-rata (2004-2007), pertumbuhan hasil investasi rata-rata (2004-2007), pertumbuhan laba bersih rata-rata (2004-2007), pertumbuhan hasil underwriting rata-rata (2004-2007), ROA (return on asset) 2007, ROE (return on equity) 2007, RBC (risk based capital) 2007, TATO (total asset turn over) 2007, pangsa pasar 2007, rasio underwriting terhadap premi neto 2007, dan rasio cadangan premi 2007.

Sedangkan pada pemeringkatan perusahaan asuransi jiwa menggunakan 14 kriteria. Sejumlah kriteria yang digunakan hampir sama dengan kriteria asuransi umum, kecuali 3 kriteria, yaitu pertumbuhan pandapatan, rasio biaya akuisisi terhadap premi neto dan rasio hasil investasi neto terhadap rata-rata investasi. Sementara reasuransi, digunakan kriteria yang sama dengan asuransi umum.[L5]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER