Jumat, 21 November 2014 | 05:41 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Forum Musrembangnas
11 Prioritas Pembangunan Nasional 2011
Headline
Lukita Dinarsyah Tuwo
Oleh: Rosdianah Dewi
ekonomi - Minggu, 2 Mei 2010 | 10:09 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Setelah melalui tahapan Sidang Pleno dan Sidang Kelompok selama empat hari dalam forum Musrembangnas 2010 Pemerintah Pusat dan Daerah bersepakat untuk menetapkan 11 prioritas pembangunan nasional 2011.

"Forum Musrenbangnas 2010 ini sangat penting bagi kita semua dalam membangun kesepahaman, membuat kesepakatan, dan memadukan strategi program dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan prioritas pembangunan nasional tahun 2011, ucap Wakil Wakil Menteri Bappenas, Lukita Dinarsyah Tuwo saat menutup Musrembangnas 2011, di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (1/5).

Ia menuturkan, prioritas nota kesepahaman Pembangunan tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman. Adapun 11 prioritas pembangunan yang dimaksud adalah, reformasi birokrasi dan tata kelola, pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, ketahanan pangan, infrastruktur, iklim investasi dan usaha, energi, lingkungan hidup dan bencana, daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan paskakonflik, serta kebudayaan, kreativitas, dan inovasi teknologi.

Lukita menjelaskan, selain 11 prioritas tersebut, pihaknya juga mefokuskan diri pada 3 bidang, yakni, bidang politik, hukum dan keamanan (polhukam), bidang perekonomian; dan bidang kesejahteraan rakyat.

Nota Kesepahaman antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka memantapkan perencanaan pembangunan nasional tahun 2011 secara terpadu, sinergis, dan koordinatif, dalam semangat desentralisasi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia menambahkan, Kesepakatan bersama dimaksud, dilakukan dalam rangka melaksanakan arahan pembangunan dan tindak lanjut dari Inpres No. 3 Tahun 2010 tentang Program Pembangunan yang Berkeadilan dan kesinambungan pelaksanaan Inpres No. 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010, serta memperhatikan kondisi internal dan eksternal bangsa tahun 2010.

Lebih lanjut Lukita mengatakan, Musrembangnas ini merupakan bagian dari proses penyelenggaraan Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2004, maka dalam perencanaan pembangunan tahun 2011. Dalam fotum ini dimaksudjan untuk menyempurnakan Rancangan Awal RKP dan RenjaK/L tahun 2011 untuk dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAK/L) yang merupakan mata rantai dalam proses penyusunan APBN tahun 2011.

Setelah Musrenbangnas tahun 2010, tahapan berikutnya dari alur proses penyusunan Rancangan Akhir RKP 2011 adalah Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat (Rakorbangpus) II yang akan diselenggarakan pada Selasa, tanggal 4 Mei 2010 di Bappenas. Tujuan dan penyelengaraan Rakorbangpus II adalah untuk memastikan bahwa hasil kesepakatan Musrenbangnas 2010 dituangkan ke dalam prorgam dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kementerian/lembaga pada tahun 2011. [san/cms][[indosat]]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER