Find and Follow Us

Jumat, 6 Desember 2019 | 07:24 WIB

Australia dan Kanada Dukung Carstens Pimpin IMF

Oleh : Charles MS | Sabtu, 25 Juni 2011 | 12:15 WIB
Australia dan Kanada Dukung Carstens Pimpin IMF
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Australia dan Kanada mengatakan mendukung Gubernur Bank Sentral Meksiko Agustin Carstens sebagai Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) ketimbang pesaingnya Menteri keuangan Perancis Christine Lagarde.

"Sangat penting bahwa direktur pelaksana IMF yang baru dipilih dalam proses terbuka dan transparan dengan calon yang dipilih berdasarkan prestasi dan bukan kebangsaan," kata Australia dan Kanada dalam sebuah pernyataan bersama di e-mail mengutip Bloomberg seperti disampaikan juru bicara Australian Treasurer Wayne Swans, Fergus Maguire.

Eropa telah memegang jabatan ini di IMF atas sejak lembaga keuangan internasional ini didirikan pada akhir Perang Dunia II, sementara AS selalu memimpin Bank Dunia. Pernyataan itu mengatakan pengalaman Carstens sebagai Wakil Direktur Pelaksana IMF, bersama dengan latar belakang sebagai Menteri Keuangan Meksiko dan posisi saat ini, melengkapi diri dengan sangat baik untuk memahami dan mengalamatkan, dalam kolaboratif dan inklusif dengan negara-negara anggota IMF terkait tantangan yang dihadapi oleh ekonomi global.

Carstens telah tertinggal dalam mengumpulkan dukungan dari Lagarde. Lagarde mendapat dukungan dari negara-negara Eropa dan dukungan di antara negara-negara berkembang seperti dari Mesir dan Indonesia, sementara sampai sekarang Carstens telah mengklaim dukungan dari negara-negara Amerika Latin sementara gagal untuk menggalang dukungan dari Argentina atau Brazil. Kedua kandidat "sangat kredibel," kata pernyataan itu.

Komentar

Embed Widget
x