Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 22:02 WIB

Emas Sumbang Inflasi Terbesar Agustus

Oleh : Charles MS | Jumat, 2 September 2011 | 10:20 WIB
Emas Sumbang Inflasi Terbesar Agustus
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik, Rusman Heriawan, mengatakan, emas menjadi penyumbang inflasi terbesar pada Agustus 2011 karena kenaikan harga yang cukup signifikan di tengah suasana Lebaran.

Usai bersilaturahim dengan Presiden Susilo B Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, beberapa waktu lalu, Heriawan belum bisa menyebutkan besaran kontribusi emas pada inflasi Agustus 2011. Namun ia memastikan kontribusinya adalah yang paling besar.

"Saya belum bisa menyebutkan hitungannya. Tapi yang paling tinggi. Sampai minggu keempat kemarin masih emas," tuturnya.

Menurut dia, kenaikan harga emas di tengah suasana Lebaran menjadikan komoditi itu sebagai penyumbang inflasi terbesar melampaui kenaikan harga-harga bahan pokok.

"Karena menjelang Lebaran itu biasa emas itu menjadi suatu kebutuhan dan kebetulan harganya tinggi. Jadi lucu, nanti kalau mengumumkan bukan barang pokok yang paling berpengaruh, malah emas," katanya.

Kenaikan harga-harga barang pokok menjelang Lebaran, menurut dia, tidak terlalu berpengaruh besar pada inflasi Agustus 2011 karena hanya terjadi selama dua hari menjelang Idul Fitri 1432 Hijriah.

"Kalau kita bicara hari terakhir itu kan bobotnya cuma dua hari, satu hari itu kan satu per tiga puluh jadi tidak begitu berpengaruh karena kita bicara inflasi bulanan yang dibangun dari tanggal satu sampai akhir bulan," jelasnya.

Heriawan pun memastikan inflasi Agustus 2011 masih berada di bawah satu persen. Sedangkan inflasi bulan Juli 2011 sebesar 0,67 persen dengan komoditi beras sebagai penyumbang inflasi terbesar. [*]

Komentar

Embed Widget
x