Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 22:27 WIB

Target Penerimaan BC Naik hingga Rp3,5 T

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Senin, 17 Oktober 2011 | 19:05 WIB
Target Penerimaan BC Naik hingga Rp3,5 T
Dirjen Bea Cukai, Agung Kuswandono - Foto : Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Target penerimaan Ditjend Bea Cukai melonjak hingga Rp3,5 triliun pada 2012 dengan dana optimalisasi yang dialokasikan untuk percepatan pembangunan infrastruktur.

Hal tersebut diungkapkan Dirjen Bea Cukai, Agung Kuswandono ketika ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Senin (17/10). "Cukai Rp3 triliun, bea masuk dan bea keluar Rp0,5 triliun (Rp500 miliar)," ujarnya.

Menurut Agung, dari naiknya target penerimaan tersebut sebagian besar akan disumbang dari cukai tembakau. "Cukai paling besar dominasinya dari tembakau, tapi cukai itu kan eksternal variabel ya. Jadi semuanya tergantung dari kondisi di lapangan," ujarnya.

Untuk rencana kenaikan tarif cukai menjadi 12,2% untuk tahun 2012, ia mengatakan tengah dikaji lebih dalam sehubungan dengan naiknya target penerimaan tersebut. "Itu kan karena layer-nya banyak ya, itu BKF yang mengkaji. Saya belum bisa sampaikan," tandasnya.

Sebelumnya, Badan Anggaran DPR menghendaki agar dana optimalisasi RAPBN 2012 sebesar Rp19,4 triliun digunakan untuk menambah belanja modal dan percepatan pembangunan infrastruktur, bukan untuk mengurangi defisit. [hid]

Komentar

Embed Widget
x