Find and Follow Us

Jumat, 6 Desember 2019 | 15:53 WIB

Inilah Pemicu Penurunan Harga Emas Dunia

Oleh : Dian Ichsan Siregar | Minggu, 18 Desember 2011 | 11:36 WIB
Inilah Pemicu Penurunan Harga Emas Dunia
inilah.com/Ardhy fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ada 4 faktor yang mempengaruhi pergerakan dan penurunan harga emas pada saat ini. Investor pun mengurangi portofolio aset emasnya.

Menurut Vice President Research & Analysis PT Valburry Asia Securities, Nico Omer Jonckheree, adanya penguatan dari kenaikan dollar, pelemahan bursa saham dunia, technical selling, dan tingkat inflasi yang terus menurun.

"Penguatan dolar mata uang merupakan faktor yang paling utama dalam menekan harga emas dalam beberapa bulan ke depan," ujarnya kepada INILAH.COM, Minggu (18/12)

Sementara, untuk korelasi antara emas dan dolar misalnya meningkat ke 0,5%, level ketatnya selama lebih dari 6 bulan. Sebab, investor cenderung mencari perlindungan ke dalam dolar dan obligasi AS dari pada aset emas. Harga emas pada akhir pekan ini di level US$1.597 per troy ons.

"Bursa saham dunia (melemah) akibat perlambatan ekonomi dunia dan utang publik yang terancam meledak juga mempengaruhi harga emas kian menurun," tegasnya.

Nico menambahkan, faktor selanjutnya, emas juga dipengaruhi technical selling. Hal ini sejalan dengan pergerakan harga logam mulia telah kehilangan 6% hanya dalam empat hari perdagangan.

"Faktor yang terakhir tidak kalah pentingnya dengan sebelumnya yaitu tingkat inflasi turun menyusun harga makanan dan base metals mulai turun maupun konsumen cenderung mengurangi pembelanjaannya seiring dengan kondisi ekonomi yang masih penuh ketidakpastian," jelasnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x