Find and Follow Us

Sabtu, 18 Januari 2020 | 01:50 WIB

ABMF & ADB Terbitkan Panduan Obligasi Asean+3

Oleh : Agustina Melani | Minggu, 8 April 2012 | 13:30 WIB
ABMF & ADB Terbitkan Panduan Obligasi Asean+3
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Asean+3 Bond Market Forum (ABMF) dan Asian Development Bank (ADB) menerbitkan panduan pasar obligasi Asean+3.

Dengan panduan pasar obligasi Asean+3 tersebut dapat mendorong pertumbuhan penerbitan obligasi lintas negara serta investasi dalam pasar obligasi denominasi mata uang lokal pada kawasan Asean+3. Panduan itu memuat informasi mengenai infrastruktur pada pasar obligasi, arus transaksi, yang mencakup informasi terkait matching, settlement cycles, dan numbering serta kerangka hukum dan praktik pasar obligasi yang berlaku di negara anggota yaitu China, Filipina, Hong Kong, Inconesia, Jepang, Korea Serlat, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Demikian seperti dikutip dari siaran pers Bapepam-LK akhir pekan ini.

Panduan ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman investor terhadap pasar obligasi di kawasan. Selain itu juga membantu persiapan pelaksanaan Asian-Multi Currency Bond Issuance Program (AMBIP) yang diharapkan dapat diluncurkan pada akhir 2013. Hal itu termasuk kemungkinan penerbitan perdana obligasi melalui program tersebut.

Selain itu, pasar obligasi lintas negara yang lebih aktif pada kawasan Asean+3 akan membantu mendistribusikan sumber dana di kawasan Asean+3 menjadi investasi di kawasan tersebut,sehingga mendukung terwujudnya pertumbuhan ekonomi kawasan yang stabil dan berkelanjutan.

Adapun Asean+3 terdiri atas 10 negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) termasuk Indonesia ditambah RRC, Jepang dan Korea Selatan.

Komentar

Embed Widget
x