Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 15:30 WIB

Perlakuan BI ke Bank Asing

Bank Mandiri Tuntut Kesetaraan di Singapura

Oleh : Tio Sukanto | Senin, 16 April 2012 | 15:56 WIB
Bank Mandiri Tuntut Kesetaraan di Singapura
Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menilai akuisisi Group Holding Ltd (DBS) terhadap Fullerton Financial Holdings Pte Ltd (Temasek) beberapa waktu lalu, semestinya dilakukan hal yang sama pula terhadap perbankan lokal di Singapura.

Demikian disampaikan Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini saat ditemui di Jakarta Senin (16/4/2012). "Saya kira ini adalah waktu yang tepat bagi bank Indonesia agar resiprokal (kesetaraan) antar bank bisa dilakukan baik melalui ATM maupun kantor cabang di Singapura, tidak hanya di Indonesia," kata Zulkifli.

Menurut Zulkifli tidak adil rasanya, jika resiprokal tersebut tidak bisa diterapkan di negara lain. Padahal jelas di Indonesia hal itu sangat fleksibel dan berlaku penuh. "Yang kita minta tidak berlebih, hanya resiprokal saja, sebagaimana Bank Indonesia memperlakukan mereka," ujar Zulkifli.

Bahkan untuk menggoalkan keinginan tersebut sudah melakukan pembicaraan dengan pihak MAS (Mandatori Authority of Singapura). Namun sejauh ini belum ada tanggapan serius. "Kami lebih banyak meminta kepada MAS, agar melakukan hal sama kepada Indonesia. Namun sejauh ini tanggapan khusus belum ada," jelasnya.

Aturan di Indonesia menyatakan, bank nasional boleh dikuasai asing sebanyak-banyaknya adalah 99%. Aturan ini muncul saat krisis 1998 agar industri perbankan bisa bertahan. Oleh karena itu, jika pemerintah atau Bank Indonesia (BI) belum mengubah soal dominasi asing di perbankan nasional, maka ekspansi bank Indonesia keluar negeri hanya mimpi.

Dengan persoalan itu seharusnya otoritas moneter bisa melakukan negosiasi dengan negara lain, agar ekspansi bank domestik bisa diterima di negara lain. Namun, selama ini, bank-bank lokal masih kesulitan melakukan ekspansi di negara lain karena terbentur regulasi setempat. [hid]

Komentar

x