Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 06:01 WIB

Peritel Korsel Hentikan Penjualan Daging Sapi AS

Rabu, 25 April 2012 | 16:58 WIB
Peritel Korsel Hentikan Penjualan Daging Sapi AS
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Seoul - Dua peritel besar Korea Selatan menghentikan penjualan daging sapi AS, setelah muncul wabah penyakit sapi gila.

Kementrian pertanian negar tersebut tampaknya akan melarang inspeksi karantina, langkah yang secara efektif akan mengakhiri impor.

Lotte Mart, unit dari Lotte Shopping, mengatakan telah menghentikan penjualan karena apa yang mereka sebut "kekhawatiran pelanggan", seperti yang dilakukan Home Plus, unit dari Britains Tesco.

Korea Selatan mengimpor 107 ribu ton daging sapi AS tahun lalu, atau 37% dari total impor, menurut data kementerian pertanian.

Namun, pejabat di kementerian itu mengatakan larangan impor langsung belum akan dilakukan.

"Kami perlu mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi di AS dan akan membuat keputusan segera atas tindakan yang diperlukan," kata juru bicara di kementerian pertanian Korea. "Tidak akan ada larangan impor, tapi mungkin suspensi karantina."

Saham di industri perikanan dan ayam melonjak, dengan Dongwon Fisheries naik 10,% pada 0203 GMT.

Korea Selatan sempat melarang impor daging sapi Amerika pada 2003, setelah munculnya wabah penyakit sapi gila. Namun menurunkan larangan tersebut dan memungkinkan impor daging sapi tanpa tulang dari ternak yang lebih muda 30 bulan.

Pemerintah AS melaporkan kasus pertama penyakit sapi gila dalam enam tahun, pada Selasa kemarin. Namun dengan cepat menjamin konsumen dan importir global bahwa tidak ada bahaya dari daging sapi perah California yang memasuki rantai makanan. [ast]

Komentar

x