Find and Follow Us

Sabtu, 16 November 2019 | 08:56 WIB

RI Berpeluang Menjadi Negara Maju

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Selasa, 15 Mei 2012 | 18:20 WIB
RI Berpeluang Menjadi Negara Maju
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Indonesia berpeluang menjadi negara maju (advance countries), menyusul meningkatnya pendapatan per kapita masyarakatnya.

Pengusaha bos Lippo Group James T Riady mengungkapkan, dalam sepuluh tahun ini pendapatan per kapita Indonesia naik hingga lima kali lipat, dari US$700 menjadi US$3.500.

"Dan kini hampir mendekati US$4 ribu dolar. Ini menunjukkan pertumbuhan perekonomian di Indonesia cukup baik sekali, dan Indonesia sudah masuk ke dalam kategori middle income countries," ungkapnya di Jakarta, Selasa (15/5/2012).

Dengan demikian, lanjutnya, Indonesia akan mampu keluar dari kategori middle income countries tersebut menjadi kategori advance countries (negara maju) dalam beberapa waktu ke depan.

"Jadi butuh persiapan untuk menjadi advanced countries tersebut. Dan hal tersebut bukan bergantung kepada Sumber Daya Alam (SDA) akan tetapi bergantung pada Sumber Daya Manusia (SDM)," paparnya.

Menurutnya, Indonesia saat ini memiliki jumlah angkatan kerja yang mempunyai keterampilan rendah (low skill), sehingga tidak sedikit juga yang memiliki upah rendah (low income).

"Sistem pendidikan di dalam negeri terus ditingkatkan, mulai dari wajib belajar sembilan tahun menjadi wajib belajar 12 tahun. "Supaya lebih banyak geenerasi muda yang lulus SMA dan bisa masuk universitas," jelasya. [rus]

Komentar

Embed Widget
x