Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 15:02 WIB

Dari Pasar Tanah Abang

Produk Kebaya Kebanjiran Order dari Luar Neger

Oleh : Tri Sulistiowati | Sabtu, 26 Mei 2012 | 17:15 WIB
Produk Kebaya Kebanjiran Order dari Luar Neger
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kebaya lokal dengan brokat sukses menjelajahi pasar luar negeri termasuk Singapura. Bahkan permintaan termasuk tinggi sehingga sempat kewalahan melayani pesanan.

Produk lokal (brokat) di negeri sendiri mulai ditinggalkan oleh konsumen. Mereka lebih suka untuk membeli produk import. Alasannya simple, karena kualitas lebih bagus, motif tampak lebih modern dengan sentuhan warna yang soft.

"Mereka sukanya itu cari yang import karena bagus kualitasnya," ungkap Budi pelayan salah satu toko tekstil di pusat grosir Tanah Abang, Sabtu (26/2012).

Di sisi lain produk lokal tersebut ternyata melejit sampai ke pasar Singapura. Omset eksport untuk produk tersebut dapat mencapai Rp300 juta dalam 3 bulan.

"Kita kemarin baru kirim ke Singapura, aduh saya pusing karena permintaan banyak, bingung mau di dikasih model apa lagi", tutur Nila penjaga toko produk jadi khusus produk lokal.

Produksi dalam negeri sebenarnya tidak kalah dengan produk impor (India, China, Perancis dan Korea). Kualitas dan ciri khas yang membuat pembeli pasar luar negeri melakukan permintaan yang tinggi.

"Barang lokal itu tidak kalah, brokat padang ini barangnya bagus. Yang penting model kebaya, kita desain dengan unik pasti permintaan di luar negeri tinggi," tambahnya. [hid]

Komentar

x