Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 Februari 2018 | 12:16 WIB
 

BPS: Waspadai Harga Emas Perhiasan

Oleh : Mosi Retnanti Fajarwati | Jumat, 1 Juni 2012 | 15:48 WIB
BPS: Waspadai Harga Emas Perhiasan

INILAH.COM, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) mewaspadai pergerakan harga emas perhiasan terkait nilai tukar rupiah yang merosot. BPS khawatir pergerakananya akan menimbulkan imported inflation.

Direktur Statistik Harga BPS Sasmito Hadi Wibowo menjelaskan, jika harga emas perhiasan naik, maka itu akan menimbulkan imported inflation. "Kita waspadanya dari situ. Sekarang kita lihat harga emas turun, maka transmisi imported inflation belum sampai. Tidak tahu kalau bulan Juni ini, nanti kemungkinan besar imported inflation akan kelihatan baik karena penurunan nilai rupiah dan kenaikan harga emas," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, imported inflation adalah inflasi yang terjadi di dalam negeri karena adanya pengaruh kenaikan harga dari luar negeri. Terutama, harga barang-barang impor atau kenaikan bahan baku industri yang tidak diproduksi di dalam negeri.

Kenaikan harga barang impor, yang merupakan salah satu komponen Indeks Harga Konsumen, akan meningkatkan biaya produksi dan kemudian menyebabkan inflasi. Selain itu faktor lain yang juga menyebabkan imported inflation adalah perubahan nilai mata uang/kurs terhadap mata uang asing. [tjs]

Komentar

 
Embed Widget

x