Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 09:44 WIB

Ekonomi Kreatif Bisa Topang DPB Indonesia

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Sabtu, 23 Juni 2012 | 14:30 WIB
Ekonomi Kreatif Bisa Topang DPB Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ekonomi kreatif merupakan senjata pamungkas tonggak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, dalam sambutannya di acara Wharton Global Alumni Forum, di Jakarta, Sabtu (23/6/2012). "Ekonomi kreatif merupakan senjata rahasia Indonesia," tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, jumlah pemilik akun internet di Indonesia mencapai 1,6% dari total PDB Indonesia atau setara dengan Rp115 triliun. "Angka tersebut diproyeksikan mencapai 2,5 persen dari PDB pada tahun 2016, berdasar riset Google," ungkapnya.

Pencapaian tersebut, setara dengan Brazil (1,5%) dan Rusia (1,6%), namun masih lebih rendah dibanding negara Asia seperti China (2,5%), India (3,25%) dan Hongkong (5,6%). "Penggunaan internet berdampak positif bagi perkembangan ekonomi kreatif," ujarnya.

Menurutnya, potensi ekonomi kreatif sangat terbuka lebar. Hal ini sehubungan dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak atau sekitar 237 juta jiwa seiring perkembangan dunia digital. "Adanya pertumbuhan kelas menengah, menyetir perubahan pola belanja dan kebiasaan konsumsi," tuturnya.

Hingga kini, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih ditunjang oleh tiga faktor yaitu konsumsi, ekspor dan investasi. Dari sisi konsumsi, belanja rumah tangga memegang porsi yang cukup. [hid]

Komentar

x