Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 12:18 WIB

Antisipasi Kerugian Produksi Kilang Balongan

Pertamina Siapkan Terminal Alternatif

Oleh : Restu A Putra | Sabtu, 30 Juni 2012 | 15:02 WIB
Pertamina Siapkan Terminal Alternatif
inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PT Pertamina mengaku telah menyiapkan suplai terminal alternatif untuk mengantisipasi kerugian produksi BBM akibat demonstrasi pekerja outsourcing yang menuntut persamaan status di Kilang Balongan, Indramayu.

"Suplai terminal alternatif telah kita siapkan untuk menyelesaikan masalah kilang Balongan dan di sekitar Balongan," kata Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina, Hanung Budya, Jumat (29/6/2012).

Menurutnya hal itu sudah semesytinya harus segera diantisipasi karena bisa mengakibatkan kerugian nasional jika berlarut-larut. Apalagi ungkapnya kilang tersebut kilang produksi minyak utama dan besar.

"Itu urat nadi, kalau sampai putus bisa rugi nasional," ujarnya,

Sementara Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Ali Mundakir mengungkapkan persoalan ketenagakerjaan sendiri saat ini masih diuji di Mahkamah Konstitusi (MK) sebelum disahkan undang-undang baru.

"Kita juga tentu akan mengambil kebijakan setelah uji undang-undang ketenagakerjaan di MK disahkan," katanya. Pertamina lanjutnya juga menjamin penyaluran BBM ke beberapa wilayah akan tetap aman.

Sebagai catatan, pada 25 Juni lalu kilang minyak Balongan ini didemonstrasi massa yang meminta penyamaan status pekerja dan penghapusan sistem kerja kontrak atau outsourcing bagi mereka yang telah bekerja puluhan tahun.

Kilang Balongan berfungsi memasok BBM di wilayah Jawa Barat dan Jakarta, dan merupakan bagian dari Pertamina Unit Pengolahan VI Balongan, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 125 ribu barel per hari. [ast]

Komentar

x