Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 05:14 WIB

Asuransi Syariah Dapat Berkah dari Pembatasan DP

Oleh : Charles MS | Jumat, 6 Juli 2012 | 20:18 WIB
Asuransi Syariah Dapat Berkah dari Pembatasan DP
Foto : Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pembatasan uang muka (downpayment/DP) kredit kendaraan bermotor sebesar 20%-25% diperkirakan akan meningkatkan bisnis asuransi syariah.

Menurut Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor dalam acara jumpa persnya di Jakarta, Jumat (6/7/2012), pembatasan DP tersebut setidaknya akan membuat masyarakat beralih ke perusahaan multifinance berbasis syariah. Dengan meningkatnya nasabah di multifinance syariah ini, lanjut Julian, itu akan berkorelasi langsung terhadap bisnis asuransi syariahnya.

Namun, berapa besar peningkatan asuransi kendaraan di asuransi syariah ini, Julian belum bisa memprediksinya mengingat harus melihat perkembangan ke depannya di perusahaan multifinane syariahnya pasca pemberlakukan aturan pembatasan DP sejak 16 Juni 2012 lalu.

Di asuransi konvensional sendiri, Julian menjelaskan aturan tersebut belum akan berdampak pada kuartal kedua 2012 ini mengingat datanya yang masih akan mengacu kondisi DP yang sama dengan kuartal pertama. Dampak penurunan terhadap premi asuransi kendaraan baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat. "Tetap tumbuh, tapi pertumbuhan turun tidak signifikan," tuturnya.

Julian melihat pada kuartal ketiga penjualan kendaraan bermotor akan tetap tinggi karena adanya lebaran. Demikian juga di kuartal keempat, pertumbuhan kendaraan bermotor ini juga diperkirakan akan tetap naik. Menurut Julian, hal ini disebabkan realisasi beberapa transaksi yang mungkin sempat tertunda di kuartal ketiga akibat pembatasan DP akan terwujud di kuartal keempatnya.

Selain itu, tambah Julian, pertumbuhan di kuartal keempat juga disebabkan adanya perpanjangan asuransi untuk kendaraan lama. [tjs]

Komentar

Embed Widget
x