Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 05:15 WIB

Kemnakertrans Terima 84 Kasus Pengaduan THR 2011

Oleh : Tio Sukanto | Rabu, 25 Juli 2012 | 17:04 WIB
Kemnakertrans Terima 84 Kasus Pengaduan THR 2011
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi sepanjang tahun 2011, setidaknya ada 84 kasus pengaduan yang menyangkut Tunjangan Hari Raya (THR) buruh.

Demikian disampaikan Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos), R. Irianto Simbolon saat ditemui di Jakarta Rabu (25/7/2012).

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, permasalahan yang diadukan kepada petugas posko lebaran antara lain tuntutan pembayaran THR yang dibayar dibawah UMP, tidak dibayarnya THR, keterlambatan pembayaran THR dan THR diganti uang ketupat dan pembayaran THR tidak sesuai ketentuan," kata Irianto Simbolon.

Irianto Simbolon menjelaskan, berdasarkan data Kemnakertrans, kasus pengaduan THR terbanyak berasal dari Jakarta (62 kasus), Bekasi (5 kasus), Banten( 3 kasus) Sumatera Utara (1Kasus), Tangerang(2 kasus) Bogor (1 kasus), Jawa Barat (2 kasus), Sulawesi Selatan (3 kasus), Yogyakarta (1 kasus) dan tanpa alamat (4 kasus).

Terkait hal tersebut Kemnakertrans bekerjasama dan berkoordinasi dengan dinas-dinas tenaga kerja di seluruh Indoneisa telah menindaklanjuti setiap pelaporan yang masuk baik dari perusahaan atau pun dari pihak pekerja/buruh sehingga akhirnya semua permasalahan dapat diselesaikan.

"Mudah-mudahan pengaduan tentang THR tahun ini lebih menurun dibanding tahun lalu, seiring dengan membaiknya hubungan antara pekerja dan pengusaha, melalui perjanjian kerja bersama (PKB)," ujar dia. [rus]

Komentar

x