Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 06:09 WIB

Tiket Mudik Diburu Dua Bulan Sebelum Lebaran

Oleh : Seno Tri Sulistiyono | Minggu, 29 Juli 2012 | 15:06 WIB
Tiket Mudik Diburu Dua Bulan Sebelum Lebaran
inilah.com/Ardhy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Beberapa tempat penjualan tiket sejak dua bulan sebelum lebaran sudah kebanjiran pesanan. Para pemudik mengantisipasi ketersediaan tiket dan tingginya harga.

"Dari tahun ke tahun, kalau lebaran pasti pada memesan dua bulan atau sebulan sebelumnya," ujar Gatot, staf ticketing Nata Tour di Jalan Margonda, Depok, Sabtu (28/7/2012).

Menurutnya, hal ini merupakan salah satu taktik pelanggan, untuk mendapatkan tiket dengan harga murah,"Kalau pesan dari jauh hari memang harga lebih murah dan mengurangi resiko tidak mendapatkan penerbangan yang diinginkan," katanya.

Harga tiket pesawat di Nata Tour berkisar antara Rp700 ribu sampai Rp 1,2 juta untuk penerbangan pulau Jawa seperti Jogjakarta dan Surabaya. "Harga tersebut berlaku bagi pembeli yang memesan jauh-jauh hari,"ujarnya.

Namun, bagi pembeli yang memesan mendekati hari H, harga yang dikenakan pun lebih tinggi,"Kalau dadakan, selisih harganya bisa sekitar Rp100 ribu. Tiga hari sebelum lebaran dan satu hari sesudah lebaran merupakan penerbangan dengan tiket yang agak mahal dibandingnya hari lainnya," tambahnya.

Senada dengan Ari, staf penjual tiket pesawat di Violet Online Connection(VOC). Menurutnya, tiket sudah banyak yang terjual sejak bulan lalu, "Banyak yang pesan dari dua bulan sebelum jadwal keberangkatan mereka. Pesenan jauh hari ini agar tidak terkena biaya yang mahal," ucapnya.

Tiket yang paling banyak di pesan di VOC adalah rute luar pulau Jawa, seperti Medan, Pontianak, Pakanbaru dan Padang. Harga tiketnya sekitar satu sampai dua juta. "Padahal kalau hari biasa, tiketnya hanya Rp400 ribu sampai 600 ribu," katanya.

Sementara untuk pulau Jawa, jarang pembeli menggunakan pesawat. Mereka lebih memilih jalur darat,"Biasanya pemudik sekitar Jawa memilih jalur darat seperti bus dan kereta," ungkapnya. [ast]

Komentar

x